Makanan khas Bekasi, foto: MyTrip123.com

10 Rekomendasi Makanan Khas Bekasi yang Enak dan Legendaris

Wanovy | Travel | 05-07-2022

PARBOABOA, Bekasi - Bekasi tidak hanya dikenal sebagai kota industri, namun juga kaya akan kuliner dengan cita rasa istimewa.

Untuk itu, saat berkunjung ke daerah penyangga Ibukota ini, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Bekasi.

Ada banyak makanan khas Bekasi yang sudah cukup populer, mulai makanan, minuman, kue, dll. Tak heran, banyak orang berkunjung ke Kota Patriot ini menjadikan aneka makanan itu sebagai oleh-oleh.

Berikut beberapa pilihan sajian makanan khas Bekasi yang sudah pasti menggugah selera Anda.

1. Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung merupakan kuliner Betawi yang terkenal di Bekasi. Kota Bekasi termasuk tempat budidaya ikan gabus.

Dulu, Bekasi memiliki banyak rawa tempat ikan gabus hidup. Ini membuat Sayur Gabus Pucung menjadi andalan kuliner masyarakat sekitar.

Gabus yang sudah digoreng dimasak dengan kuah hitam yang terbuat dari campuran kluwak yang rasanya sedikit pedas.

Pemerintah Bekasi bahkan meminta seluruh hotel di wilayahnya memasukkan Gabus Pucung di dalam menu makanannya.

2. Oblok Tongki

Oblok Tongki mungkin nampak asing di telinga. Oblok Tongki merupakan makanan khas kota Bekasi yang berasal dari Betawi.

Oblok Tongki merupakan olahan daging bebek yang dibumbui dengan cabai dan rempah yang kuat. Sekilas Oblok Tongki punya tampilan mirip rendang.

3. Sop Janda

Sop Janda bukan sop yang dibuat oleh janda, melainkan merupakan akronim dari "Jawa-Sunda". Sop ini cukup terkenal di Bekasi yang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedasnya.

Sop Janda terdiri dari daging dan tulang sapi dipadukan dengan kuah panas yang segar.

4. Kue jalabia

Kue legendaris yang masih ada di Bekasi ini juga disebut sebagai kue cincin. Kue basah khas Bekasi ini lebih mudahnya disebut sebagai donatnya orang kampung.

Kue Jalabia dibuat dari olahan tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Hal yang membuat kue jalabia berbeda dengan daerah lain seperti Subang adalah, adanya baluran gula merah hangat yang menciptakan rasa manis gurih.

5. Kue Akar Kelapa

Kue manis lain yang perlu Anda coba adalah kue akar kelapa. Bahan utamanya tidak sesuai namanya, akar kelapa. Kue akar kelapa diracik dari campuran tepung, kelapa parut, dan tepung ketan.

Adonan kue kemudian dibentuk mirip dengan akar kelapa. Cita rasa kue akar kelapa yang gurih berasal dari kelapa parut.

Makanan khas Bekasi ini cocok disantap bersama secangkir teh atau kopi di pagi hari.

6. Kue Dongkal

Makanan khas Bekasi ini bentuknya mirip dengan kue putu yang biasanya dijajakan keliling. Bahan pembuatannya mirip kue putu, mulai dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut.

Tepung beras yang digunakan digiling kasar sehingga teksturnya lebih keras dibanding kue putu.

Kue dongkal ini dikukus bersama gula merah cair dalam wadah berbentuk kerucut. Saat dihidangkan, kue dongkal dipotong-potong dari bentuk aslinya yang mirip seperti nasi tumpeng. Enak dinikmati dalam keadaan hangat.

7. Sayur Gabus Pucung

Makanan khas Bekasi yang pertama yakni sayur gabus pucung. Sayur gabus pucung merupakan kuliner Betawi yang menjadi andalan

Kota Bekasi adalah tempat budidaya ikan gabus. Dulu, Bekasi memiliki banyak rawa tempat ikan gabus hidup. Inilah yang membuat konsumsi sayur gabus pucung menjadi kuliner umum masyarakat sekitar.

Gabus yang sudah digoreng dimasak dengan kuah hitam yang terbuat dari campuran kluwak yang rasanya sedikit pedas.

Pemerintah Bekasi bahkan meminta seluruh hotel di wilayahnya memasukkan Gabus Pucung di dalam menu makanannya.

8. Oblok Tongki

Makanan khas Bekasi berikutnya yakni oblok tongki. Nama makanan yang unik ini mungkin jarang terdengar di telinga terutama warga luar Bekasi.

Oblok Tongki merupakan makanan khas kota Bekasi yang berasal dari Betawi. Oblok Tongki merupakan olahan daging bebek yang dibumbui dengan cabai dan rempah yang kuat. Sekilas Oblok Tongki punya tampilan mirip rendang.

9. Kue Duit

Apakah kamu pernah mencicipi kue yang satu ini? meskipun bernama Kue Duit, bukan berarti kue khas Bekasi ini terbuat dari bahan logam maupun kertas.

Disebut sebagai Kue Duit, karena bentuk dari kue ini menyerupai kepingan logam. Bentuknya yang pipih dan bulat, semakin dilengkapi dengan cita rasa yang manis.

Jajanan imut ini, sangat cocok untuk melengkapi ketika sedang bersantai bersama dengan keluarga.

10. Kue Rangi

Salah satu makanan khas Bekasi ini, mungkin cukup familiar di telingamu. Masyarakat asli Bekasi adalah masyarakat urban Betawi dan sunda, oleh karena itu kita akan banyak menemukan makanan ala Betawi di Bekasi.

Kue rangi adalah kue yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dicetak layaknya cetakan pukis. Kue Rangi ini akan dibakar, dan dihidangkan dengan saus gula merah yang leleh di mulut.

Saat ini Kue Rangi mulai tersebar di beberapa daerah di Indonesia, mungkin saja daerahmu juga ada penjual Kue Rangi.

Cita rasanya yang manis dan gurih, membuat Kue Rangi pun cukup diminati oleh anak-anak. Penjual Kue Rangi umumnya akan membuat kue di tempat, sehingga kamu bisa melihat proses pembuatannya. Pastikan memakannya selagi hangat, untuk merasakan kelezatan luar biasa.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Bekasi yang enak dan legendaris. Happy holiday!

Tag : #bekasi    #jawa barat    #wisata    #travel    #wisata alam   

Baca Juga