Terlalu sering mengonsumsi mi instan menyebabkan kerusakan ginjal (Parboaboa)

Makanan dan Minuman yang Wajib Anda Hindari Agar Ginjal Tetap Sehat

Sari | Kesehatan | 08-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memainkan peran penting dalam kesehatan kita. Manusia memiliki sepasang ginjal yang harus dijaga agar fungsinya tetap optimal.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu kerusakan ginjal, terutama makanan yang mengandung garam berlebih.

Saat ginjal seseorang telah rusak, kesehatan tubuh akan terpengaruh. Bahkan, hal buruk yang dapat terjadi adalah komplikasi yang dapat menyebabkan kematian. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang harus Anda hindari agar ginjal tetap sehat.

Makanan yang Merusak Ginjal

Kebanyakan makanan yang dapat merusak ginjal adalah makanan yang tinggi kandungan garam. Jika tidak bisa Anda hindari, sebaiknya kurangi asupan makanan berikut agar tubuh tetap sehat. Berikut daftarnya, melansir dari Healthline.

1. Daging Olahan

Daging olahan umumnya dibuat dengan cara dikeringkan, diasinkan, diawetkan, atau diasapi untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan waktu simpannya. Contoh beberapa daging olahan seperti, bacon, daging deli, sosis, dan dendeng.

Daging olahan yang diasinkan, memiliki kandungan natrium yang tinggi. Misalnya, porsi standard 3 ons (85 gr) bacon, mengandung 1.430 mg sodium hampir 62 persen dari kebutuhan sodium harian Anda.

2. Makanan Instan, Kemasan, dan Premade

Makanan instan, kemasan, dan premade merupakan jenis makanan yang mengandung natrium yang sangat tinggi. Tak hanya itu, makanan jenis ini mengadung banyak bahan pengawet. Contoh makanan tersebut adalah, pizza beku, frozen food, dan mi instan.

3. Makanan Kaleng

Sebagian besar makanan kaleng mengandung natrium dalam jumlah besar, karena produsen makanan kaleng cenderung menambahkan garam sebagai bahan pengawet. Adapun contoh makanan kaleng yang wajib dihindari seperti, sarden, tuna kaleng, dan bandeng kaleng.

4. Makanan Ringan

Makanan ringan seperti kerupuk, keripik, dan snack biasnaya mengandung tinggi garam dan karbohidrat. Sebagai contoh, satu kantorng keripik kentang ukuran sedang (57 gr) mengandung 682 mg kalium, 300 mg natrium, dan 87 mg fosfor. Karbohidrat olahan tidak cocok untuk mereka yang menderita penyakit ginjal atau diabetes.

Minuman yang Merusak Ginjal

Ginjak yang rusak akan mengalami kesulitan dalam menyaring produk limbah metabolisme protein. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman di bawah ini.

1. Soda Berwarna Gelap

Dark Soda atau soda berwarna gelap adalah pantangan yang dapat menginfeksi ginjal, selain mengandung kalori dan gula, soda juga terdapat zat aditif yang mengandung fosfor, terutama pada soda berwarna gelap.

Produsen makanan atau minuman cenderung menambahkan fosfor dalam proses pembuatannya untuk meningkatkan rasa, memperpanjang masa simpan, dan mencegah transfer warna. Minuman jenis ini jelas tidak baik dikonsumsi secara terus menerus.

2. Jus Buah Kemasan

Minuman yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah jus buah kemasan. Minuman ini cenderung memiliki kandungan gula tambahan yang dapat menyebabkan lonjakan cepat gula darah.

3. Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung tinggi kafein dapat meningkatkan peredaran darah, tekanan darah, hingga stress terhadap ginjal. Seseorang yang sering mengonsumsi kafein berpotensi menyebabkan infeksi ginjal.

Jika daftar makanan dan minuman di atas sulit untuk Anda hindari, ada baiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit, agar tidak menimbulkan hal-hal yang dapat merusak ginjal Anda.

Tag : #ginjal    #makanan perusak ginjal    #kesehatan    #minuman perusak ginjal    #daging olahan   

Baca Juga