Ilustrasi Metode Pembelajaran (Foto: Serupa)

Macam-Macam Metode Pembelajaran Menarik yang Wajib Diketahui Guru

Olivia | Pendidikan | 07-09-2022

PARBOABOA – Proses Belajar Mengajar (PBM) yang melibatkan guru dan siswa membutuhkan sebuah trik atau metode pembelajaran. Hal ini dilakukan agar ketika PBM berlangsung, siswa tidak merasa jenuh dan memiliki antusias belajar yang tinggi.

Namun sebelum pengaplikasian metode pembelajaran tersebut, sebaiknya para guru terlebih dahulu mengetahui beberapa pertimbangan dasar saat akan memilih metode yang dibutuhkan, seperti:

•    Perbedaan Individual Anak Didik
•    Kemampuan Guru
•    Sifat Bahan Pelajaran
•    Situasi Kelas
•    Kelebihan dan Kelemahan Metode
•    Kelengkapan Fasilitas

Jika poin-poin itu telah disesuaikan dengan metode yang akan digunakan, maka akan tercipta proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Macam-Macam Metode Pembelajaran Menarik

Sebelum melangkah ke macam-macam metode pembelajaran, pastikan kamu tahu pengertian dari metode pembelajaran.

Metode pembelajaran adalah sebuah proses sistematis dan teratur yang dilakukan oleh guru atau pendidik dalam menyampaikan materi kepada siswanya. Berikut jenis metode pembelajaran menarik yang wajib diketahui para guru.

1. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi atau yang sering juga dikatakan metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang mengajak siswa berinteraksi langsung dengan materi yang sedang dibahas.

Cara ini dilakukan agar siswa lebih tertarik dengan apa yang diajarkan, sehingga bisa lebih fokus dan terarah pada materi. Pengalaman terhadap pengajaran lebih diingat dengan baik oleh siswa.

Di dalam metode ini tidak perlu terlalu banyak memberi materi. Karena terkadang mater-materi tersebut justru akan membuat siswa jenuh.

2. Metode Diskusi Kelompok

Di dalam metode diskusi kelompok, guru hanya berperan sebagai pemberi materi yang harus dibahas siswa. Metode ini akan membentuk beberapa kelompok-kelompok kecil dimana siswa dituntut mampu memecahkan permasalahan melalui diskusi .

Cara ini dilakukan karena terkadang siswa lebih nyaman mengutarakan ide atau pendapatnya ketika sedang berdiskusi dengan temannya. Dan mereka juga akan belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain.

3. Metode Karya Wisata

Metode yang satu ini sangat cocok dengan materi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Siswa akan merasa sangat bersemangat dalam belajar jika sembari diajak melakukan karya wisata.

Metode karya wisata yang memanfaatkan lingkungan, lokasi, atau tempat- tempat yang memiliki sumber pengetahuan, dapat memicu rasa ingin tahu siswa yang lebih besar lagi. Sehingga mereka akan bertanya kepada gurunya untuk mendapat jawaban dari apa yang dilihatnya.

4. Mind Mapping

Metode pembelajaran menarik berikutnya adalah Mind Mapping atau Peta Pikiran. Melalui metode ini, siswa diajak berpikir secara runtut pada sebuah permasalahan dan diminta memberikan penyelesaian.

Penyajian materi Mind Mapping yang berupa skema, memiliki hubungan sebab akibat dan saling memberi pengaruh. Metode ini juga berfungsi meningkatkan pola analisis dan berfikir kritis siswa.

5. Metode Discovery Learning

Metode pembelajaran discovery learning atau yang sering disebut metode penemuan juga mengajak siswa agar lebih mandiri dan aktif dalam belajar. Siswa akan aktif mencari, memahami, dan menemukan jawaban atau materi terkait.

Di dalam metode ini, guru bertugas memotivasi siswanya agar lebih semangat lagi dalam melakukan penemuan. Mulailah dari hal yang ada disekitar sekolah, seperti mengamati bagian-bagian dari tumbuhan.

Itulah beberapa metode pembelajaran menarik yang bisa diterapkan bapak/ibu guru di kelasnya masing-masing. Semoga Sukses!

Tag : #Metode Pembelajaran    #Proses Belajar Mengajar    #Pendidikan    #Guru    #Siswa   

Baca Juga