(Foto : Google)

LPS Jamin Simpanan Nasabah Bank Digital

Adinda Dewi | Ekonomi | 27-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Masyarakat kini tidak perlu khawatir untuk menyimpan uang di bank digital, sebab Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan ikut menjamin simpanan nasabah di bank digital, dengan nilai maksimal hingga Rp2 milliar.

Hal ini dilakukan demi mendorong masyarakat agar mau membuka rekening bank dan tidak lagi menruh uang di rumah.  Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan sampai saat ini baru 49 persen penduduk Indonesia yang memiliki rekening.

“Jika kita melihat tingkat akses masyarakat ke perbankan atau jasa keuangan itu 76,19 persen, tapi tingkat literasinya masih di level 38,03 persen. Jadi kita harus mengedukasi habis-habisan, supaya masyarakat yakin dan percaya untuk menyimpan dananya di bank. Jadi acara semacam ini sangatlah positif untuk menjelaskan dan mengedukasi ke masyarakat bahwa uang simpanan mereka di bank itu aman,” ujarnya, Senin (26/09/2022).

Namun mengingat LPS hanya menjamin dana hingga Rp2 milliar, nasabah yang memiliki dana besar disarankan untuk menyimpan dana di beberapa bank digital. Sehingga dana masyarakat akan di kembalikan pihak LPS jika bank itu tutup, dan akan di kembalikan sesuai dengan jaminan yang di berikan.

“Jika misalnya ada bank jatuh karena berbagai sebab, pelayanan kami akan lebih cepat, sekarang misalnya rata-rata pengembalian atau pembayaran dana nasabah itu memakan waktu sekitar 50 hari, namun sekarang dengan sistem yang baru kami akan memperpendek hingga 7 hari sesuai dengan standar internasional, upaya itu tidak mudah namun kami akan terus berupaya sebaik mungkin,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksa, dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho menyampaikan, dalam menarik nasabah, perbankan digital mengatakan tidak akan menggunakan iming-iming akan memberikan bunga yang besar untuk menarik nasabah baru, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko keputusan yang efisiensi di masa mendatang.

"Jadi memang mereka (bank digital) sekarang komitnya tidak lagi dengan cara menarik nasabah baru dengan menawarkan suku bunga yang tinggi. Untuk transparansi kami selalu monitor," tegasnya.

Tag : #Lembaga Penjamin Simpanan    #perbankan digital    #ekonomi    #nasabah    #bank   

Baca Juga