Kepala Bidang Organisasi Pemerintah Kota Pematang Siantar, Farhan Zamzany (Foto: Parboaboa/Patrick)

Layanan Sikemas, Masyarakat Soroti Sarana dan Prasana

Patrick | Daerah | 30-08-2022

PARBOABOA - Pemerintah Kota Pemerintah Pematang Siantar menyediakan layanan Sistem Informasi Layanan Masyarakat (Sikemas). Diluncurkan pada akhir Juli 2022, sarana dan prasana yang mendapat penilaian terendah, selain waktu pelayanan dan prosedur.

Kepala Bidang Organisasi Pemerintah Kota Pematang Siantar, Farhan Zamzani mengatakan, rendahnya penilaian terhadap aspek sarana dan prasarana karena belum sesuai dengan ekspektasi masyarakat terkait pelayanan publik. 

Sarana dan prasarana yang dimaksud terdiri dari alat tulis kantor (ATK), komputer atau laptop, internet, dan beberapa fasilitas kantor. “Akan diadakan evaluasi terkait sarana dan prasarana dalam kantor dinas pemerintahan Siantar, dan kedepannya akan ditingkatkan lagi agar masyarakat tidak kecewa dengan pelayanan pemerintah,” jelasnya, Senin, (29/08).

Dikatakan Farhan, layanan Sikemas hanya dapat diakses pengunjung yang menyelesaikan urusannya di kantor dinas terkait. Adapun, pengguna aplikasi ini sudah tersedia di seluruh kantor dinas Kota Pematang Siantar, kantor kecamatan, dan tiga Puskesmas, dengan jumlah 45 user client

Setelah dilakukan sosialisai yang diadakan pada tanggal 26 Juli 2022, sampai hari ini sudah terdapat 682 data hasil survei dari lembaga pemerintahan terkait kepuasan masyarakat yang terinput di dalam data. 

Aplikasi Sikemas di lingkungan Pemko Pematang Siantar untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat atas kualitas pelayanan yang diberikan unit penyelenggara pelayanan publik. Selain itu, ini menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan standar dan menurunkan potensi perilaku koruptif.

Tag : #sikemas    #aplikasi    #pemko pematang siantar    #sarana    #prasarana    #teknologi    #sistem informasi   

Baca Juga