Ilustrasi (dok Istimewa)

Langkah Pencegahan Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

Rini | Kesehatan | 19-01-2022

PARBOABOA - Diabetes melitus atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang dapat mengintai siapa saja tanpa batasan umur. Ada banyak hal yang menjadi penyebab penyakit ini, namun tentunya sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) di dalam darah, penyebabnya bisa berkaitan dengan faktor keturunan hingga obesitas. Jika dibiarkan berlama-lama, diabetes akan memicu komplikasi yang dapat membahayakan nyawa.

Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, padahal insulin sendiri berfungsi untuk membantu penyerapan glukosa dalam sel-sel tubuh untuk diolah menjadi energi, sekaligus menyimpan sebagian glukosa sebagai cadangan energi. Kurangnya produksi insulin dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena kemampuan produksi insulin yang melemah atau berkurangnya kemampuan tubuh dalam merespons insulin. Keadaan ini terjadi karena gaya hidup tak sehat, obesitas, dan pertambahan usia.

Untuk diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat, sedangkan untuk tipe 1 biasanya harus mendapat pengobatan intensif dengan pemberian insulin dan obat-obatan yang disarankan dokter.

Berikut ini langkah-langkah mencegah diabetes tipe 2 dikutip dari berbagai sumber:

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Langkah pertama yang dapat dilakukan agar terhindari diabetes adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini, makanan instan dan makanan siap saji selalu lebih menarik untuk dikonsumsi.

Namun agar terhindar dari diabetes, disarankan agar membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya makanan olahan, kue, es krim, dan makanan cepat saji. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

2. Olahraga teratur

Olahraga adalah hal yang selalu disarankan jika menginginkan hidup sehat, termasuk untuk mencegah diabetes. Olahraga dapat meningkatkan  insulin sehingga otot dapat menggunakan insulin yang tersedia dengan lebih baik. Olahraga juga  menyebabkan otot berkontraksi, yang memungkinkan sel Anda mengambil glukosa untuk energi, sehingga kadar glukosa dalam tubuh akan berkurang.

Olahraga jenis apa pun, asalkan dilakukan dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes, seperti bersepeda, yoga, berjalan kaki, dll.

3. Turunkan berat badan

Berat badan berlebihan dapat menjadi pemicu terjadinya diabetes, oleh karena itu untuk mencegah penyakit ini berat badan ideal harus selalu dijaga. Jika berat badang telah melebihi, sebaiknya lakukan diet rendah kalori dan lemak untuk kembali mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Perbanyak minum air putih

Untuk menjaga kadar gula darah batas normal dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi gula. Minuman dengan pemanis buatan sebaiknya dihindari dan diganti dengan konsumsi air putih.

Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes, langkah hidup sehat lain yang dapat dilakukan yaitu  berhenti merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol atau bersoda, serta tidur yang cukup setidaknya 7 jam setiap hari.

Selain itu pastikan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin di rumah sakit, agar penanganan yang terhadap kesehatan tubuh dapat dilakukan secara tepat.

Tag : #gaya hidup sehat    #diabetes    #kesehatan   

Baca Juga