10 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Penulis : Wanovy | Travel | 26-11-2022

Kuliner malam Semarang/ Gudeg Mbak Tum, foto: Instagram/@mirza_firdaus

PARBOABOA, Semarang - Ada banyak lho kuliner malam di Semarang yang terkenal. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal banget dengan makanan-makanannya yang enak-enak.

Bahkan, kamu nggak perlu takut kelaparan tengah malam saking banyaknya tempat makan populer yang buka sampai subuh di sini.  

Semarang menjadi salah satu kota besar di Jawa Tengah yang menyuguhkan berbagai destinasi wisata menarik. Mulai dari alam, sejarah hingga kuliner.

Selayaknya kota besar pada umumnya, selain model wisata malam, Semarang juga menyuguhkan wisata kuliner pada malam hari.

Lantas kuliner malam apa saja yang harus dicoba saat bertandang ke Semarang? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Nasi Ayam Ibu Sami

Saat main ke Semarang, kamu harus banget cobain Nasi Ayam Ibu Sami. Nasi Ayam Ibu Sami yang berlokasikan di Simpang Lima ini merupakan salah satu kuliner malam favorit warga Semarang.

Bahkan, warung makan yang sudah buka dari tahun 1975 ini jadi salah satu ikon Kota Semarang, lho.

Di sini kamu bisa nikmatin nasi ayam yang enak banget dengan cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas.

Apalagi, nasinya gurih dan hampir mirip nasi liwet Solo. Nggak hanya ayam, kamu juga bisa memilih lauk lainnya seperti sate telur puyuh, ceker, telur bacem, dan jeroan.

Alamat: Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

2. Soto PK Pak Joko

Kalau kamu lagi pengen makan soto di Semarang tengah malam, nggak perlu bingung. Kamu bisa mampir ke Soto PK Pak Joko yang buka dari jam 11 malam sampai pagi.

Soal rasa, Soto PK Pak Joko yang sudah buka dari 30 tahunan lalu ini nggak perlu diraguin lagi.

Di sini kamu bisa nikmatin soto khas Semarang yang rasanya pas banget di lidahmu. Porsinya ada kecil seharga Rp11.000 ada juga yang porsi besar seharga Rp15.000.

Kamu juga bisa nambah lauk seperti sate usus, sate telur puyuh, dan beraneka gorengan.

Alamat: Jl. Lamper Tengah Kelurahan No.616, Lamper Tengah, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

3. Gudeg Mbak Tum

Jika kamu menyukai konsep makan lesehan, maka Gudek Mbak Tum bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dibandingkan dengan warung lainnya, tempat kuliner malam di Semarang ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni pilihan lauknya yang lebih beragam. kamu bisa menemukan berbagai jenis sundukan, mulai dari telur hingga ikan.

Warung ini buka selepas maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Letaknya berada di Jalan MT Haryono, dan berada di pinggir jalan raya.

Jika kamu ingin menikmati suasana malam yang sepi, maka sebaiknya jangan datang ketika awal buka.

Kamu bisa datang sekitar pukul 10 malam sambil memperhatikan lalu lalang masyarakat yang pulang dari kerja.

Alamat: Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

4. Soto Bangkong

Tempat kuliner malam Semarang yang terletak di Jalan Bridgen Katamso ini menyediakan soto bangkong, kuliner khas dari Semarang.

Yang membuat tempat ini sangat istimewa adalah karena cita rasa yang disajikan sangat legendaris, apalagi memang warung ini sudah berdiri hampir 10 tahun lamanya. Maka kamu tidak akan pernah merasa kecewa dengan cita rasa yang ditawarkan.

Pada malam hari, warung ini akan sangat ramai pengunjung karena di sekitarnya terdapat beberapa destinasi wisata yang cukup menarik.

Kamu bisa menikmati malam sambil bercengkarama dengan para wisatawan yang berasal dari daerah lainnya.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

5. Angkringan Blendoek

Tak hanya di Yogyakarta, Semarang pun memiliki angkringa yang terkenal dengan kuliner – kuliner khasnya yang lezat.

Bagi kamu yang senang menyantap makanan dengan porsi kecil, di sinilah tempatnya. Di Angkringan Blendoek ini kamu dapat menikmati makanan yang telah dibungkus oleh daun pisang dengan ukuran yang kecil.

Selain nasi putih, tersedia pula nasi goreng dan nasi teri yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Lauk yang disediakan pun juga beraneka ragam seperti gorengan, sate ayam, telur, bahkan daging.

Meski menyediakan makanan dengan konsep yang sederhana, nyatanya tempat ini tetap ramai dan merupakan salah satu tempat kuliner malam Semarang yang cukup dikenal masyarakat.

Alamat: Jl. Gajahmada No.138, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

6. Pasar Malam Semawis

Setelah vakum 2 tahun karena diterpa pandemi Covid-19, Pasar Malam Semawis atau Waroeng Semawis akhirnya dibuka lagi per 27 Mei 2022 dan langsung banjir pengunjung.

Bagi kamu yang ingin menikmati kuliner malam Semarang di sini, Pasar Semawis hanya buka setiap weekend mulai dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB, ya.

Begitu masuk ke area pasar malam, kamu akan disambut dengan aroma masakan berasal dari deretan stand yang menawarkan berbagai macam jananan kaki lima dengan budget mulai dari Rp15.000. Tidak terbatas pada nasi goreng dan minuman thai tea saja, kamu juga bisa menikmati makanan Korea, China, Jepang, seafood, hingga salad buah.

Alamat: Jalan Gg. Warung, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang.

7. Nasi Liwet Bu Widodo

Dari Tahu Petis Prasojo, lalu menyeberang jalan ke arah Citra Land Semarang, kamu akan menemukan lesehan Nasi Liwet Bu Widodo yang terkenal nikmatnya.

Nasi Liwet Bu Widodo adalah satu dari sekian banyak nasi liwet yang kondang di Semarang yang wajib dicoba apalagi bagi kamu yang baru pertama menginjakkan kaki di Kota Atlas.

Nasi liwetnya yang pulen dan gurih dipadukan dengan aneka lauk mulai dari dada dan paha ayam kampung, suwiran ayam, telur rebus, sambal tomat.

Kalau masih kurang, ada juga sate usus, ati, telur puyuh, hingga kerupuk terong yang bisa dipilih. Lengkap, deh.

Harganya pun terjangkau, hanya dengan budget Rp30.000 kamu sudah bisa kenyang bahagia. Meski makan lesehan, namun tetap terjaga kebersihannya. Kamu bisa menikmati Nasi Liwet Bu Widodo mulai pukul 20.00 WIB.

8. Nasi Kucing Pak Gik

Saat sedang tidak nafsu makan besar, mampir ke Nasi Kucing Pak Gik adalah keputusan yang tepat.

Bisa dibilang, Nasi Kucing Pak Gik merupakan angkringan paling legend di Kota Semarang yang sudah ada sejak tahun 1960-an, loh.

Jangan sampai kehabisan, ya, karena angkringan ini selalu ramai begitu dibuka pada pukul 21.00 WIB.

Isian nasi kucingnya pun bervariasi seperti kakap asam manis, oseng kikil, bandeng presto, teri, kering telur, kering kerang. Ada juga aneka olahan ayam mulai dari ayam geprek hingga bakaran.

Tentu saja, kamu bisa mencomot berbagai macam gorengan sambil menyeruput susu jahe. Budget Rp15.000 cukup banget kok, untuk mengenyangkan perut di sini.

Alamat: Jalan Inspeksi, Gabahan, Semarang Tengah

9. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi gandul sebenarnya hidangan khas Pati, Jawa Tengah. Namun, kelezatan nasi ini menyebar ke daerah lain, termasuk Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah. Salah satu rekomendasi nasi gandul di Semarang adalah warung Pak Memet.

Kekhasan nasi gandul ini terletak pada kuahnya yang terasa gurih berempah. Pas sekali disantap di malam hari.

Kamu juga bisa memilih lauk sendiri seperti kikil, otak sapi, lidah sapi, dan lainnya. Dijamin lidah terus bergoyang sulit berhenti.

Alamat: Jl. Dr. Cipto No. 12, Bugangan, Semarang.

10. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi terkenal ini awalnya berjualan menggunakan gerobak keliling. Buka mulai tahun 1970, kuliner malam Semarang satu ini selalu ramai pengunjung. Antreannya tak pernah sepi.

Bakmi Jawa Pak Gareng ini punya ciri khas sendiri, karena menggunakan bumbu racikan secara turun temurun, begitu pula dengan mie yang digunakan.

Bakmi diberikan suwiran ayam, telur bebek, dan kaldu ayam kampung. Itulah yang membuat rasa bakmi ini terkenal hingga ke mana-mana.

Alamat: Jalan Wotgandul Dalam Nomor 171, Gabahan, Semarang Tengah, Semarang.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner malam Semarang, Jawa Tengah yang populer dan wajib kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata semarang    #semarang    #travel    #tempat wisata    #kuliner malam semarang    #jawa tengah   

Baca Juga