Kondisi bus yang mengalami kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto, Senin (16/5) pagi. (Dok PJR Polda Jatim)

Fakta-fakta Kecelakaan Tunggal Bus Wisata di Surabaya, 15 Orang Meninggal Dunia

Rini | Nasional | 17-05-2022

PARBOABOA, Surabaya – Niat rombongan masyarakat asal Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya untuk berwisata ke Dieng menjadi pilu yang tak tertangiskan.

Rombongan yang berangkat menggunakan bus pariwisata PO Ardiansyah ini, mengalami kecelakaan tunggal saat berada di KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Senin (16/5) pagi.

Dari 25 orang penumpang, 15 orang tewas termasuk 4 orang yang merupakan satu keluarga, yaitu ayah, ibu, dan 2 orang anaknya.

Hanya satu orang anak dari keluarga tersebut yang selamat dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum fakta mengenai kecelakaan ini:

1. Lokasi Kejadian

Kecelakaan tunggal bus wisata ini terjadi di KM 712.400A Tol Sumo pada pukul 06.15 WIB.

Bus yang melaju dari arah Jogja ke Surabaya ini, tiba-tiba oleng dan menabrak tiang variable message sign (VMS) yang ada di pinggir kiri jalan. Akibatnya bus terguling dan ringsek parah.

"Saat tiba di km 712+200/A, kendaraan oleng ke kiri dan menabrak tiang VMS (Variable Message Sign) di pinggir bahu jalan tol sehingga terguling," kata Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi, Senin (16/5).

 2. Jumlah Korban

Bus pariwisata ini membawa 25 orang penumpang, nahasnya 15 orang diantaranya meninggal dunia. 13 diantaranya tewas dunia di tempat kejadian, dan 2 lainnya tewas di rumah sakit.

Sedangkan korban lainnya yang masih selamat dibawa ke RS Petrokimia Gresik, RS Citra Medika, dan RS EMMA Kota Mojokerto. Sementara yang meninggal dunia dievakuasi ke RS Wahidin Soediro Husodo Mojokerto dan RSI Sakinah Mojokerto untuk mendapat penanganan medis.

3. Dugaan Penyebab Kecelakaan

Saat kecelakaan, sopir yang membawa bus adalah sopir cadangan, bukan sopir utama. Diduga kecelakaan ini terjadi akibat sopir yang mengantuk, hingga tidak dapat mengendalikan bus yang dibawa dan akhirnya menabrak papan reklame.

Kondisi sopir tersebut juga luka berat dan saat ini menjalani perawatan.

Saat ini polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini, meskipun sopir berpotensi menjadi tersangka.

4. Proses Identifikasi Korban

Korban dalam kejadian ini tinggal di lingkungan yang sama di RT 2 RW 3 Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

14 korban telah dimakamkan mulai Senin sore hingga malam. 13 orang dimakamkan di wilayah Pakal, sedangkan satu orang lainnya dimakamkan di tempat tinggal keluarganya yang terletak di kawasan Kedamean, Gresik.

Adapun satu keluarga yang tewas bersamaan dalam insiden ini dimakamkan dalam satu liang lahat.

Sementara itu, belum ada informasi mengenai pemakaman korban kelima belas.

Itu dia sejumlah fakta mengenai kecelakaan maut bus pariwisata di tol Sumo ini.

Tag : #kecelakaan lalu lintas    #kecelakaan tunggal    #nasiomal    #kecelakaan bus wisata    #pemakaman korban    #fakta kecelakan   

Baca Juga