Lukas Enembe dan Istrinya Yulce Wenda (Foto: Istimewa)

KPK Sebut Pemblokiran Rekening Istri Lukas Enembe Bukan karena Mangkir

Adinda Dewi | Hukum | 06-10-2022

PARBOABOA Jakarta - Rekening bank milik Yulce Wenda diblokir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam hal ini KPK menyampaikan bahwa pihaknya memblokir rekening bank istri Lukas Enembe sudah dari lama  bukan semata-mata karena pihak yang bersangkutan mangkir dari panggilan penyidik sebagai saksi.

"Telah lama kami lakukan pemblokiran tersebut, bukan karena saksi tersebut mangkir tidak datang memenuhi panggilan KPK," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis.

Alasan KPK memblokir rekening bank istri Gubernur Papua tersebut adalah guna penyidikan kasus dugaan korupsi proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang menjerat Lukas Enembe sebagai tersangka.

"Tim penyidik melakukan pemblokiran rekening bank istri tersangka LE (Lukas Enembe) sebagai bagian kebutuhan pembuktian pada proses penyidikan perkara ini," kata Ali.

Seperti diketahui, sebelumnya KPK menginformasikan Yulce Wenda dan anak Lukas Enembe bernama Astract Bona Timoramo Enembe untuk menghadiri panggilan penyidik pada Rabu (5/10/2022)  di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, akan tetapi keduanya tidak menghadiri panggilan tersebut.

KPK juga menegaskan jika kedua saksi tersebut mangkir lagi, mereka akan menjemput paksa para saksi seperti ketentuan hukum.

"Soal mangkirnya para saksi, pasti kami segera panggil yang kedua kalinya dan jika mangkir kembali, maka sesuai ketentuan hukum bisa dilakukan jemput paksa terhadap saksi," paparnya.

Diketahui, KPK telah memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa sebagai tersangka di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/9/2022) akan tetapi Gubernur Papua itu mangkir panggilan penyidikan dengan alasan sakit. Dan untuk kedua kalinya KPK memanggil ulang Lukas guna diperiksa sebagai tersangka dan lagi-lagi pihak yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan tersebut.

Karena hal ini, KPK belum mengumumkan Lukas secara resmi menjadi tersangka.

 

Tag : #kpk    #kasus suap    #hukum    #lukas enembe    #penyidikan    #yulce wenda   

Baca Juga