KPK Bangun Integritas Mahasiswa Melalui Festival Integritas Kampus

Adinda Dewi | Nasional | 16-10-2022

Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto: Ilustrasi KPK)

PARBOABOA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  menyelenggarakan kegiatan dengan mengusung tema "Integritasku, Integritas Ekosistemku" dalam festival integritas kampus (FIK) 2022, pada 14-15 Oktober 2022 di Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini KPK berharap agar mahasiswa dapat membangun nilai-nilai integritas di lingkungan kampus maupun diluar.

"FIK diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016 berawal dari diskusi tim KPK dengan dosen-dosen di Departemen Ilmu komunikasi Undip yang ingin mendorong peran mahasiswa dalam membangun integritas di lingkungan terdekatnya dengan keilmuan yang dimiliki, salah satunya ilmu komunikasi," kata Ketua Tim Satuan Tugas Direktorat Jejaring Pendidikan KPK Masagung Dewanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kolaborasi FIK dan KPK dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Universitas IPB dipilih oleh  KPK sebagai salah satu perguruan tinggi tempat kegiatan FIK lantaran pada tahun 2022 menjadi kampus percontohan dalam implementasi pendidikan antikorupsi.

Selain itu, KPK juga menjelaskan bahwa FIK merupakan salah satu sarana kompetisi kampanye sosial yang bertujuan membangun integritas ekosistem pendidikan dan sikap antikorupsi di lingkungan kampus melalui pelibatan dan kolaborasi khususnya mahasiswa dalam mensosialisasikan, mendiseminasikan, dan mengkampanyekan integritas di lingkungannya dengan cara-cara kreatif dan inovatif.

Dalam kompetisi kampanye ini, pemenang FIK 2022 akan ditentukan di tahap penilaian akhir pada November mendatang berdasarkan strategi, orisinalitas, presentasi, implementasi, dan capaian kampanye sosial yang dilakukan.

Selanjutnya, pemenang FIK 2022 dari masing-masing kampus akan diundang mengikuti perhelatan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 yang diselenggarakan KPK di Jakarta.

Oleh karena itu, KPK mengharapkan FIK 2022 dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa mengenai nilai-nilai integritas, meningkatkan kepekaan, dan daya pikir kritis mahasiswa untuk menciptakan solusi dalam upaya mengatasi permasalahan integritas di lingkungan kampus seperti mencontek, plagiat, joki tugas, "mark-up" anggaran kegiatan sekaligus meningkatkan peran mahasiswa sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebelumnya, pitching dan pembekalan juga dilakukan 11-12 Oktober 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tag : #kpk    #fik    #nasional    #Festival Integritas Kampus    #mahasiswa    #universitas   

Baca Juga