Ilustrasi Mobil Menerjang Banjir (Foto: okezone.com)

5 Komponen Mobil yang Harus Diperiksa Setelah Menerobos Banjir

Juni | Otomotif | 05-10-2022

PARBOABOA – Musim hujan memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara mobil. Genangan air bisa saja membuat mobil mogok yang juga bisa membahayakan keselamatan pengendara.

Perlu diketahui, air merupakan penghantar listrik yang cukup baik. Sehingga, konektor atau terminal listrik yang tersambung dengan air bisa menyebabkan konsleting pada kendaraan Anda.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa usai menerjang genangan air. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Rem

Untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol, sebaiknya tekan pedal rem berkali-kali sampai normal sebelum keluar dari area banjir dan kembali melanjutkan perjalanan.

2. Ecu

Mobil-mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi untuk mengatur bahan bakar kendaraan. Terdapat komponen penting seperti IC pada ECU mobil, sehingga akan berakibat fatal jika terkena air.

3. Alternator

Alternator atau disebut juga dengan generator yang berfungsi untuk menyuplasi listrik ke aki mobil. Untuk itu, sebaiknya periksakan kendaraan Anda atau lakukan servis alternator untuk menghilangkan sisa air yang ada di dalamnya.

4. Kabel dan Sekring

Kabel dan sekring berperan penting dalam sistem kelistrikan mobil. Meskipun sudah dibungkus agar tidak terkena air, namun Anda perlu memastikan tidak ada celah yang terkelupas pada kabel tersebut.

Kabel yang terkelupas bisa menyebabkan konsleting dan kerusakan pada komponen kelistrikan mesin mobil Anda.

5. Filter Udara

Filter udara (air filter) pada dasarnya berfungsi menjaga aliran udara untuk kebutuhan mesin dan menyaring material debu dari udara yang masuk ke ruang bakar.

Jika mobil menerjang banjir, pastikan untuk tidak langsung menyalakan mobil jika filter udara dalam keadaan basah karena terkena air.

Itulah tadi penjelasan beberapa komponen mobil yang harus diperiksa usai menerjang banjir. Pastikan mobil Anda selalu dalam kondisi yang prima untuk menjamin keamanan dan keselamatan berkendara.

Tag : #mobil    #banjir    #otomotif    #komponen mobil    #ecu    #generator    #filter udara   

Baca Juga