KNKT: Suara Kapten Sriwijaya Air SJ182 Tidak Terekam CVR

Maharani | Nasional | 03-11-2022

Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menempatkan Cockpit Voice Recorder (CVR) penerbangan Sriwijaya Air SJ 182 di atas meja di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/03/2021). (Foto: Reuters/Willy Kurniawan)

PARBOABOA, Jakarta – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan suara tidak terekam oleh alat Cockpit Voice Recorder (CVR) pada pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, 9 Januari 2021 lalu.

"Kami kebetulan dari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang ditemukan, kami mendapatkan bahwa suara kaptennya tidak terekam. Kami tidak bisa menentukan mengapa suara kaptennya tidak terekam. Namun, ada dugaan bahwa kaptennya tidak menggunakan headset," kata Kepala Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Nurcahyo Utomo, dalam rapat bersama komisi VI di DPR RI, dilansir dari detik.com, Kamis (03/11/2022).

KNKT pun berharap pada mikrofon yang ada di ruangan kokpit pesawat. Namun suara pilot tetap tidak terdengar karena suara bising di kokpit pesawat.

"Kemudian ada mikrofon yang di dalam kokpit yang kami harapkan bisa merekam apapun suara yang ada di kokpit. Namun, demikian ternyata pada channel ini tertutup suara bising pada 400 hertz sehingga suara pembicaraan tidak bisa direkam," ujar Nurcahyo.

Nurcahyo mengatakan bahwa hal itu mengakibatkan pihaknya tidak dapat menganalisis interaksi kerja sama di kokpit.

"Jadi dari cockpit voice recorder ini kita tidak bisa menganalisa, bagaimana kerja sama di kokpit, apa saja perintahnya kapten kepada kopilot. Namun suara kopilot bisa kita dengar sepanjang waktu, suara dari pengatur lalu lintas udara juga bisa kita dengar," ucap Nurcahyo.

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021. Pesawat tersebut jatuh setelah mengudara selama 13 menit.

Pesawat berjenis Boeing 737-500 itu mengangkut 62 orang yang terdiri dari 12 awak kabin, 40 penumpang dewasa, 7 penumpang anak-anak, dan 3 bayi. Tidak ada satupun penumpang yang selamat dalam kecelakaan ini.

Tag : #knkt    #suara kapten sriwjaya    #nasional    #tidak terekam cvr    #cockpit voice recorde    #kecelakaan pesawat    #sriwijaya air sj182   

Baca Juga