Pengertian Khianat dalam Agama Islam, Jenis, dan Cara Menghindarinya

Thoriq | Pendidikan | 31-05-2022

Khianat dalam Islam (Dok: slideplayer.info)

PARBOABOA - Khianat artinya dalam Islam adalah, salah satu perbuatan tidak terpuji, dan harus dijauhi oleh umat Islam. Pengertian khianat secara umum adalah, perbuatan tidak jujur yang dilakukan, dengan melanggar janji atau sumpah. 

Perbuatan khianat adalah kebalikan dari sifat amanah. Amanah artinya perilaku yang dapat dipercaya atas sesuatu yang telah dititipkan oleh orang lain. Faktanya, khianat adalah sebuah sifat yang dapat menghancurkan hubungan seluruh umat.

Banyaknya manusia, yang melakukan perbuatan khianat merupakan pertanda sudah dekatnya hari kiamat. Perbuatan khianat ini bisa diartikan juga sebagai sesuatu perbuatan yang munafik. Sebagaimana dijelaskan Nabi, dalam sabdanya:

“Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga; apabila berbicara berbohong, dan apabila berjanji mengingkari, dan apabila di percaya ia berkhianat.” (HR. Muslim).

Pengertian Khianat dalam Islam

Khianat artinya dalam Islam adalah salah satu perbuatan tidak jujur, dan harus dijauhi. Allah SWT sangat tidak menyukai perbuatan khianat, sebagaimana yang ditegaskan dalam Al-Qur'an, surat AL- Anfal ayat 27 :

ٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah, Rasul (Muhammad) dan janganlah kamu mengkhianati amanat- amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

Sudah dijelaskan, perbuatan khianat artinya dalam Islam adalah, segala bentuk perbuatan yang tidak jujur, dan sangat dilarang oleh Allah SWT.

Sebaiknya dalam hal apapun, kita harus menjauhkan diri dari perbuatan khianat. Perbuatan ini dapat mengakibatkan kemurkaan dari Allah, dan mengakibatkan orang tersebut kehilangan petunjuk, dari Allah.

Macam-macam pebuatan Khianat dalam Islam

Secara sederhana, Khianat adalah bentuk perbuatan yang tidak bisa dipercaya. Dalam Islam, perilaku khianat terbagi menjadi 3, antara lain:

1. Berkhianat pada Allah SWT

Berkhianat pada Allah, dapat diartikan untuk orang yang mengaku memiliki iman yang kuat, akan tetapi ucapannya tidak sesuai dengan perbuatannya. Orang tersebut bahkan tidak mengerjakan ibadah dan melakukan segala bentuk perbuatan yang dilarang Allah SWT.

2. Berkhianat pada Nabi Muhammad SAW

Berkhianat pada Nabi Muhammad, bisa diartikan untuk orang yang mengaku memiliki iman yang kuat atas ajaran Nabi Muhammad, akan tetapi perbuatannya tidak menggambarkan, bahwa ia merupakan umat Nabi Muhammad SAW.

3. Berkhianat pada Manusia

Berkhianat kepada manusia, bisa diartikan untuk seseorang yang telah berjanji atas sesuatu kepada orang lain, tetapi malah mengingkarinya.

Bentuk-bentuk perbuatan khianat ini dapat merusak hubungan antar umat di dunia.

Allah SWT telah berfirman di dalam surat Al-Baqarah :

اَلَآ اِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِۙ قَالُوْٓا اِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُوْنَ

Artinya: “Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Janganlah berbuat kerusakan di bumi!” Mereka menjawab,

“Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan. Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari.” (QS. Al-Baqarah: 11-12).

Cara Menjauhi Perbuatan Khianat

1. Ikhlas dan selalu takut dengan Allah SWT

Kita harus senantiasa menjauhi sifat tercela, salah satunya adalah khianat. Selalu takut dengan Allah SWT, akan membuat anda memikirkan segala hal dalam bertindak. 

Jangan biasakan diri untuk berbohong, dan selalu tanamkan dalam diri bahwa kita ikhlas menjaga amanah yang diberikan, hanya karna Allah SWT. 

2. Membiasakan diri untuk jujur

Perbuatan jujur dapat menghindarkan kita dari sifat khianat. Dengan terbiasanya kita berperilaku jujur, maka kita akan takut untuk melakukan perbuatan ini. Sebagai mana disebutkan dalam hadist yang membahas sifat khianat : 

“Jika berjanji, maka ia ingkari. Apabila berbicara, ia berdusta. Jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi”.

3. Rajin beribadah, dan memperbanyak sedekah

Selain kita takut dengan Allah, dan membiasakan diri untuk jujur, dalam menghindarkan diri dari sifat tercela ini, kita harus rajin beribadah dan memperbanyak sedekah.

Hal tersebut dapat menambah keimanan kita untuk senantiasa berada pada jalan yang benar.

Kita harus menjauhkan diri dari khianat, sebab, sudah jelas sifat ini merupakan sesuatu yang dilarang dalam agama Islam, yang sudah dijelaskan pada sebuah hadist. 

Maka dari itu, sebaiknya kita sebagai umat muslim yang baik, kita harus mempertebal iman kita agar terhindar dari segala sesuatu yang salah dalam ajaran Islam.

Tag : #pendidikan islam    #khianat adalah    #pendidikan    #jenis khianat    #hadits    #menghindari khianat    

Baca Juga