Kereta api rute Pelabuhan Kuala Tanjung-KEK Sei Mangkei mulai beroperasi bulan depan (Foto: Kompas)

Siap Siap! Menhub Sebut Kereta Api Kuala Tanjung-KEK Sei Mangkei Bakal Dibuka Bulan Depan

Dimas | Daerah | 25-09-2022

PARBOABOA, Batu Bara – Kereta api yang menghubungkan Pelabuhan Kuala Tanjung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei bakal beroperasi mulai bulan depan. Rencana tersebut diucapkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara.

"PT KAI tadi sudah saya telepon, insyaallah bulan depan sudah ada angkutan menggunakan kereta api (Pelabuhan Kuala Tanjung-KEK Sei Mangkei)," kata Budi melansir dari Detik, Sabtu (24/9).

Budi menyebutkan bahwa dengan adanya kereta api ini, akan sangat membantu pengangkutan dari pelabuhan menuju KEK Sei Mangkei atau sebaliknya. Selain itu, kereta api juga akan membantu mengurangi pengangkutan menggunakan truk yang dapat merusak jalan antara kedua tempat tersebut.

"Kalau menggunakan kereta api dari Sei Mangkei ke Kuala Tanjung makan biayanya jauh lebih murah," sebut Budi.

"Kalau kita gunakan, katakan truk, jalannya rusak, harganya lebih mahal," tambahnya.

Budi pun menuturkan, keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei merupakan kesatuan yang tak terpisahkan. Oleh sebab itu, Budi berharap kepada seluruh pihak yang terkait untuk bekerja sama membangun dua wilayah tersebut.

"Saya mengajak semua stakeholder yang ada di Kuala Tanjung yaitu Pelindo, Inalum, Sei Mangkei, PT Kereta Api harus melakukan sinergi," jelasnya.

Tag : #batu bara    #menhub    #daerah    #kuala tanjung    #sei mangkei    #kereta api    #budi karya sumadi    #berita sumut   

Baca Juga