Sistem transmisi CVT pada mobil keluaran terbaru.

Kelebihan dan Cara Kerja Transmisi CVT yang semakin digemari produsen Mobil

Maraden | Otomotif | 07-12-2021

PARBOABOA – Teknologi continous variable transmission (CVT) sudah dikenal sebagai sistem pada transmisi mobil yang diproduksi di tahun-tahun belakangan ini.

Penyematan sistem CVT ini dibuat untuk meningkatkan kenyamanan dalam suatu kendaraan bermotor saat digunakan sehari-hari.

Sistem CVT disebut banyak diaplikasikan sebagai model transmisi mobil modern karena mampu meningkatkan kenyamanan akibat menghasilkan getaran yang minim.

Berikut Keunggulan SistemTeransmisi CVT

Minim Getaran

Getaran yang minim tersebut tercipta karena penggunaan sabuk karet alias belt CVT yang dapat mengeleminir getaran dan juga gesekan.

Pada transmisi CVT komponen lainnya seperti puli primer, puli sekunder, dan sabuk baja dalam rangkaian planetary gear set bekerja dengan didorong oleh sistem pompa fluida, mengikuti putaran mesin mobil. Sistem tersebut membuat beban kerja mesin jauh lebih ringan. Sehingga, menghasilkan perpindahan rasio gigi dengan halus dan senyap.

Lebih Nyaman Dioperasikan

Saat menggunakan mobil bertransmisi CVT, hanya perlu mengandalkan kaki kanan dalam mengemudi mobil. Kaki kiri sepenuhnya dapat istirahat dan tidak menekan pedal apapun.

Minim Perawatan

Mengenai perawatan mobil dengan sistem transmisi konvensional ataupun CVT tetap sama, hanya perlu pergantian oli yang harus dilakukan pada periode tertentu.

Untuk pengantian oli transmisi walaupun ada perbedaan dari beberapa merek mobil, namun secara umum biasanya mengganti saat sudah menempuh kelipatan 80.000 km.

Teknologinya Terus Dikembangkan

Awalnya CVT memang dianggap terlalu sensitif yang membuat lebih riskan saat digunakan. Namun, seiring dengan banyak pengembangan dari pabrikan mobil, hampir tidak ada masalah lagi pada penggunaan sistem CVT.

Karena pada dasarnya sistem CVT hanya beda dari sisi cara kerjanya saja. Namun selebihnya sama saja.

Ada lagi anggapan transmisi CVT lebih ringkih sehingga membutuhkan perawatan ekstra, yang pada akhirnya terbukti hanya sekadar image karena belum terlalu dikenal secara menyeluruh di kalangan masyarakat.

Hal itu biasa terjadi jika suatu sistem masih baru dikenal di masyarakat. Jadi plus minusnya sistem transmisi CVT sebenarnya lebih kepada bayangan penggunanya. Buktinya saat ini hampir semua produk terbaru menonjolkan keunggulan sistem CVT’nya.

Tag : #transmisi cvt    #teknologi transmisi    #mobil    #otomotif    #tips otomotif    #info otomotif   

Baca Juga