Ingin Pakai Cover Mobil? Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Sondang | Otomotif | 08-01-2023

Cover mobil merupakan satu di antara aksesoris yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari debu, embun, kotoran binatang dan melindungi permukaan cat dari polusi. (Foto: GridOto)

PARBOABOA, Jakarta – Setiap pemilik mobil tentu ingin agar cat mobilnya selalu telihat bagus dan kinclong. Untuk itu, tak sedikit dari mereka yang memilih menggunakan sarung (cover) mobil agar bodynya bisa tetap mulus.

Cover mobil sendiri merupakan satu di antara aksesoris yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari debu, embun, kotoran binatang dan melindungi permukaan cat dari polusi. Apalagi, jika mobil Kamu memang selalu diparkir di luar ruangan atau area terbuka.

Namun begitu, aksesoris yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Mau tahu apa saja? Berikut penjelasannya!

Kelebihan Penggunaan Cover Mobil

1. Melindungi Mobil dari Perubahan Cuaca

Penggunaan cover mobil adalah salah satu perlindungan terbaik dari perubahan cuaca yang tidak menentu. Perlu Kamu ketahui, desiran angin dan kerikil kecilpun sebenarnya berpotensi merusak, membuat bodi mobil lecet. Jika dibiarkan saja cat mobil bisa mengelupas dan membuatnya kusam.

Terlebih jika mobil sering diparkir di area terbuka, maka tingkat kerusakan bodi bisa lebih besar tanpa adanya pelindung. Selain itu, cover mobil juga dapat menghalau paparan sinar matahari langsung yang sering merusakan bagian setir dan semua logam bisa menjadi sangat panas.

Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat menyebabkan cat eksterior  pudar, juga merusak tampilan jok terutama yang berbahan kulit asli. Bahkan, yang paling beresiko adalah dasbor yang terbuat dari bahan plastik, Jika dibiarkan terkena paparan sinar UV dalam waktu lama dasbor bisa retak.

2. Melindungi dari Debu dan Lumpur

Saat mobil disimpan dalam waktu lama, debu bisa saja menumpuk pada beberapa bagian mobil. Selain membuat mobil tidak sedap dipandang, debu juga mengakibatkan mobil cepat kotor.

Bagi mobil-mobil standar, perkara debu mungkin tidak jadi persoalan yang cukup serius. Namun, tidak untuk jenis mobil mewah, debu membuat tampilan mobil mewah menjadi kurang estetik. Penggunaan cover ada perlindungan terbaik untuk mobil-mobil yang lebih sering terparkir di dalam garasi.

Jika di dalam garasi masalah utama yang menghadang mobil adalah debu, sementara diluar ruangan ada lumpur yang bisa jadi ancaman terutama ketika musim penghujan datang. Karena banyak pemilik mobil di Indonesia sendiri yang tidak memiliki garasi. Oleh sebab itu, cover mobil menjadi hal yang wajib dimiliki.

3. Melindungi Mobil dari Goresan yang Diakibatkan Binatang

Seringkali mobil menjadi tempat paling nyaman untuk binatang peliharaan Kamu. Selain itu, tak jarang juga beberapa hewan liar, seperti tikus dan serangga juga berusaha memasuki bagian interior yang dapat merusak sejumlah komponen mobil. Maka dari itu, mengunakan cover mobil dapat menutup jalan masuk bagi serangga-serangga tersebut.

4. Melindungi dari Kecelakaan Minor

Kecelakaan yang mengakibatkan mobil rusak dapat terjadi kapanpu, bahkan ketika orang tidak sengaja menyenggok mobil Anda hal itu bisa meninggalkan goresan yang cukup berat. Gesekan kunci, jari dan benda-benda berbahan metal lambat laun bisa mengikis cat asli mobil. Lindungi kilau kendaraan kesayangan Kamu dengan pilihan cover mobil yang tepat.

Kekurangan Penggunaan Cover Mobil

1. Menyebabkan Udara di Sekitar Mobil Panas

Penggunaan cover mobil dalam waktu lama ketika mobil terparkir di area terbuka menyebabkan udara bersuhu tinggi terperangkap di dalam cover. Jika mobil diparkir diruang terbuka upayakan tidak menggunakan cover mobil, atau Kamu bisa membeli khusus yang bisa digunakan di suhu tinggi.

2. Menyebabkan Cat Mobil Mengelupas

Ukuran cover juga mempengaruhi kualitas perlindungannya. Cover yang tidak sesuai ukuran mobil baik terlalu kecil maupun terlalu besar bisa mengakibatkan cat mobil mengelupas. Selain itu ukuran yang salah juga bisa menyebabkan cat mobil menjadi belang.

3. Menyebabkan Kerusakan Body

Ketika membeli cover untuk mobil sebaiknya perhatikan jenis, ukuran dan bahan pembuatannya. Pastikan bahannya tahan air agar ketika hujan tetesan air hujan tidak meninggalkan bekas pada bodi mobil. Selain itu bahan yang kasar juga bisa menyebabkan goresan kecil pada bagian body.

Tips Memilih Cover Mobil

1. Pastikan Ukuran Sarung Mobil

Kamu bisa memilih cover mobil yang ukurannya sesuai dengan dimensi mobil. Pastikan jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Cover mobil yang terlalu besar membuatnya tidak terpasang dengan baik sehingga membuat bagian bawah tidak kencang.

Sarung mobil dengan ukuran terlalu kecil akan menimbulkan masalah lantaran bodi mobil tidak tertutup sempurna dan ada risiko mobil terkena air hujan atau debu.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Jika kerap parkir mobil di tempat terbuka, sebaiknya pilih car cover dengan bahan parasut atau polyester karena tahan air. Masalahnya, car cover berbahan parasut ada risiko berembun pada bagian dalam, sehingga harus dijaga supaya tetap kering dan bersih.

Sementara itu, jika lebih sering parkir mobil di dalam ruangan, bisa pilih sarung mobil berbahan fabric untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada mobil.

3. Pastikan Tidak Mudah Luntur

Hati-hati ketika memilih sarung mobil berwarna terang karena bahan dengan kualitas rendah bisa saja mengakibatkan warna sarung luntur dan mengenai bodi mobil. Tentu akan sangat menyulitkan apabila masalah ini terjadi.

4. Pelajari Lapisan Car Cover

Supaya dapat berfungsi dengan baik, cover mobil dengan kualitas memadai tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja. Di bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari.

Pada lapisan kedua biasanya terdapat rongga untuk sirkulasi udara guna mencegah pengembunan. Lapisan ketiga atau lapisan paling bawah akan melindungi bodi mobil. Dan biasanya berbahan lembut supaya tidak mengakibatkan bodi mobil baret.

5. Beli di Tempat yang Tepat

Terakhir, Kamu harus membeli sarung mobil di tempat yang terpercaya dengan bahan berkualitas. Car cover yang bagus terbuat dari material JN coating yang mengadopsi teknologi serat polyester modern, bersifat kuat dan punya daya tahan tinggi, serta dilapisi coating yang membuatnya anti air hingga 95% dengan efek daun talas.

Tag : #Mobil    #Cover Mobil    #Otomotif    #Berita Otomotif    #Tips Otomotif   

Baca Juga