Kejurnas Rally Danau Toba 2022 (liputan6)

Kejurnas Rally Danau Toba 2022 Sukses, Sumut Siap jadi Tuan Rumah APRC

Sari | Daerah | 08-08-2022

PARBOABOA, Simalungun – Perhelatan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally Danau Toba 2022 yang digelar pada 5 – 7 Agustus 2022, di Kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berjalan sukses.

Setelah sekses menjambu pareli nasional, kini Sumut dinyatakan lolos menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2022 dan World Rally Championship (WRC) pada 2023 mendatang.

"Ke depan kita masuk acara yang lebih bergengsi lagi. Karena sudah bisa tingkat Asia. Dan ini tidak mudah. Semuanya dilihat saat Kejurnas ini. Dan kita sudah dinyatakan lulus dan ikut APRC. Sebelumnya kita hanya kandidat," kata Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, saat memberikan sambutan pada penutupan Danau Toba Rally 2022, pada Minggu (7/8/2022).

Ijeck mengatakan bangga terhadap Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat dan IMI Sumut dapat membawa ajang rally bertaraf internasional di tanah batak.

"IMI pusat dan IMI Sumut mendatang kembali Kerjunas Rally Internasional ke Indonesia, Insya Allah September 2022 dan di tahun 2023," sebut Ijeck.

Perhelatan bertaraf dunia ini, kata Ijeck, bukan hanya sebatas ajang promosi pariwisata Danau Toba saja, namun juga promosi pariwisata Indonesia. Sekaligus sebagai pembuktian bahwa event serupa akan sukses diselenggarakan di Indonesia, khususnya di Sumut.

“Kita buktikan kalau event Rally dunia aman dilaksanakan di Indonesia, masyarakatnya ramah-ramah. Ini jadi promosi yang tidak perlu dana tapi efeknya besar ke negara-negara lain. Kawan-kawan media internasional datang meliput, keindahan Danau Toba diketahui oleh banyak orang ,” ujarnya.

Event ini, menurut Ijeck akan menggerakkan ekonomi daerah, sehingga semua pihak khususnya Pemerintah Kebupaten Simalungun dan Forkopimda Simalungun, harus mendukung perhelatan tersebut.

“Untuk itu kami harap Pemkab Simalungun dan seluruh perangkat daerah bisa mendukung kawan-kawan IMI untuk kegiatan APRC dan WRC mendatang karena efeknya untuk ekonomi kita,” pungkasnya.

Tag : #kejurnas rally    #danau toba    #daerah    #APRC    #WRC    #ikatan motor indonesia    #Musa Rajekshah   

Baca Juga