Kegiatan Produktif Saat Gap Year (Dok. amartha)

5 Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Gap Year

Juni | Pendidikan | 15-08-2022

PARBOABOA – Pelajar yang memilih gap year memang kerap dipandang sebelah mata lantaran dinilai gagal masuk kuliah ke perguruan tinggi. Padahal, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang saat menunda kuliah.

Tiap-tiap orang tentu saja memiliki alasan tersendiri sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih gap year. Namun pada umumnya, beberapa siswa harus menunda melanjutkan ke jenjang perkuliahan karena belum berhasil masuk ke universitas impiannya atau bahkan karena kondisi finansial yang belum stabil.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif. Gap year bisa menjadi pilihan yang tepat jika diisi dengan kegiatan atau aktifitas yang bermanfaat.

Berikut ini telah Parboaboa rangkum 5 kegiatan yang bisa dilakukan selama gap year. Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Belajar Untuk Persiapan SBMPTN

Persaingan untuk bisa diterima masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang sulit. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bisa lolos ke kampus atau program studi impian. Gap year bukan berarti Anda bisa lalai dan bersantai dalam belajar.

Justru, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk persiapan yang lebih matang. Anda bisa belajar secara mandiri dengan mengerjakan soal-soal atau mengambil kelas kursus di bimbingan belajar.

2. Mengikuti Pelatihan atau Kursus

Selain persiapan UTBK, cobalah untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti pelatihan atau kursus. Pelatihan ini akan sangat membantu dalam mengembangkan softskill dan hardskill. Dengan demikian, persiapan Anda untuk menyambut masa depan akan semakin matang.

Saat ini, berbagai fasilitas pelatihan sudah semakin banyak dan mudah ditemukan. Anda bisa memilih untuk mengikuti pelatihan secara online atau offline sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tapi perlu diingat, pastikan kamu memilih tempat pelatihan yang resmi dan dilengkapi dengan sertifikat. Tujuannya adalah agarAnda bisa menggunakan sertifikat tersebut untuk mendaftar kerja atau mengambil beasiswa.

3. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu atau Magang

Aktifitas produktif lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pekerjaan atau magang. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan uang selama masa gap year. Saat ini, pilihan pekerjaan sudah semakin beragam. Anda bahkan bisa memilih jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. Sehingga aktifitas pekerjaan yang dilakukan tak akan mengganggu jadwal belajar.

4. Menekuni Hobi

Menekuni hobi selama masa gap year akan sangat berguna untuk membuang rasa bosan dan jenuh. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan sangat bermanfaat dalam mengasah skill yang Anda punya. Misalnya saja jika Anda hobil menulis, maka masa gap year bisa dimanfaatkan untuk berlatih menulis dengan baik.

Dengan demikian, kemampuan menulis Anda akan semakin meningkat dan bisa menghasilkan karya tulis yang bermanfaat bai banyak orang.

5. Traveling

Melakukan kegiatan traveling saat menjalani masa gap year bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya semata-mata untuk mengabiskan uang saja, tapi Anda juga bisa belajar banyak hal-hal baru. Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang, budaya, bahkan komunitas yang baru.

Dengan begitu, Anda tentu tidak akan kaget lagi saat bertemu orang dengan karakter berbeda ketika mulai memasuki dunia perkuliahan nantinya.

Itulah tadi lima kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama menunda kegiatan perkuliahan. Bagaimana, apakah kamu setuju bahwa gap year bukanlah satu keputusan yang buruk?

Tag : #gap year    #sekolah    #pendidikan    #siswa    #universitas    #kegiatan produktif   

Baca Juga