karamnya kapal Glory Mary (Foto: Dok/TNI AL)

Karamnya Kapal Glory Mary di Talaud

Maesa | Nasional | 23-08-2022

Jakarta – Kapal Motor Glory Mary kandas di perairan Moronge, Pulau Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara saat menuju ke Kepulauan Talaud dari Manado, Senin (22/08).

TNI Angkatan Laut melalui Lanal Melonguane setelah menerima informasi tersebut segera melakukan Search and Rescue (SAR) dengan menurunkan sea rider dan tim kesehatan.

Dikabarkan sebanyak 202 penumpang harus di evakuasi dari kapal tersebut, 14 diantaranya adalah anak-anak.

Sadeli Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado menyatakan kapal kandas di perairan dangkal dan menabrak karang. Pihaknya mengatakan belum tahu pasti tentang kecelakaan tersebut.

Berdasarkan keterangan Kapten Kapal KM Glory Mary Alprens Harimisa (44) saat diwawancarai menjelaskan saat itu sedang berada di toilet beberapa menit sebelum kejadian karamnya kapal.

"Saat itu saya berada di toilet dan kemudian diambil ali oleh Mualim satu Junimus Sirape (54)," sebutnya.

Harimisa juga mengatakan bahwa ia kaget saat baru tahu bahwa kapal akan menabrak karang. Ia langsung lari untuk brusaha menyelamatkan kapal dari menghantam karang.

"Saya langsung berlari dan berusaha merebut kemudi kapal dan berusaha menghindar dari karang namun usaha tersebut tidak berhasil Haluan Kapal sudah terlebih dahulu menghantam karang," ujar Kapten kapal saat diwawancarai wartawan, Selasa (23/8/2022).

Ia menambahkan bahwa bagian depan kapal nyaris bocor dan posisi bagian depan kapal miring.

Dikabarkan satu di antara penumpang kapal inisial SN seorang wanita terpaksa harus dilarikan ke RS terdekat karena mengalami trauma akibat kejadian tersebut.

Tag : #talaud    #kapal glory mary    #nasional    #manado    #kapal motor    #kepilauan talaud   

Baca Juga