Ilustrasi kapal tenggelam

Kapal yang Angkut Pekerja Imigran Ilegal Indonesia Tenggelam di Malaysia

Rini | Internasional | 15-12-2021

PARBOABOA, Malaysia - Sebuah kapal motor yang mengangkut pekerja imigran ilegal asal Indonesia, tenggelam di perairan Malaysia Selatan pada Rabu (15/12) pagi. Diduga kapal yang mengangkut setidaknya 60 WNI itu tenggelam karena badai yang menghantam perairan tersebut.

Mengutip dari laporan media AFP, kapal tersebut membawa pencari kerja asal Indonesia yang mencoba memasuki Malaysia secara ilegal dengan melakukan penyebrangan dari laut dengan perahu yang sudah reot, hingga rentan terlibat kecelakaan.

Sampai saat ini 11 penumpang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Sebanyak 22 orang lain yang berhasil selamat dan telah ditahan.

“Tentara yang berpatroli menemukan mayat tujuh pria dan empat wanita di pantai,” kata kepala penjaga pantai Laksamana Mohamad Zubil Mat Som kepada AFP.

Sementara 27 orang lainnya dinyatakan hilang. Pihak berwenang Malaysia masih melakukan pencarian para korban dengan mengerahkan kapal dan pesawat, karena mereka diyakini telah bersembunyi atau tenggelam di lautan.

"Kami sangat menyesalkan tragedi mematikan ini. Saya mendesak para migran untuk tidak masuk ke Malaysia secara ilegal," kata Mohamad Zubil.

Malaysia yang dekat dengan Indonesia memang kerap menjadi tujuan pencari kerja. Namun banyak pekerja yang tidak dapat melengkapi dokumen yang sah, sehingga memasuki Malaysia dengan cara ilegal.

Para pencari kerja yang berhasil masuk ke Malaysia, biasanya akan bekerja di bidang kontruksi dan agrikultur.  

Tag : #kapal tenggelam    #kapal tenggelam di malaysia    #kapal pekerja ilegal indonesia tenggelam    #internasional   

Baca Juga