Mengenal Jurusan Kehutanan (Dok. indonesiacollege.co.id)

Mengenal Jurusan Kehutanan dan Prospek Kerjanya

Juni | Pendidikan | 03-08-2022

PARBOABOA - Hutan merupakan paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan, suatu daerah akan terasa gersang dan rawan terhadap bencana alam. Tak hanya itu saja, seluruh makhluk hidup juga akan kesulitan bernafas karena minimnya pasokan udara segar.

Karena melihat begitu pentingnya hutan, dibutuhkan orang-orang yang kompeten dibidangnya. Ditambah lagi, eksploitasi hutan oleh pihak tidak bertanggungjawab semakin marak. Hal itulah yang mendasari hadirnya Jurusan Kehutanan.

Lalu, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa? Kenalan lebih dekat dengan jurusan yang satu ini yuk!

Mengenal Jurusan Kehutanan

Jurusan Kehutanan adalah program studi yang melatih mahasiswanya agar mampu merawat, mengatur dan melindungi ekosistem hutan. Proses belajar mengajar dalam jurusan ini memadukan teori lama dengan teknologi. Mahasiswa jurusan Kehutanan juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum daripada di belajar teori di kelas.

Jurusan satu ini juga akan membahas mengenai cara pelestarian hutan melalui metode rehabilitasi serta perlindungan hutan. Kamu akan belajar bagaimana cara untuk memanfaatkan hasil hutan yang ada tanpa perlu merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Apalagi jika kamu memiliki hobi untuk naik gunung serta berpetualang, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pelajari.

Kegiatan Perkuliahan Jurusan Kehutanan

Selama berkuliah di jurusan Kehutanan, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan ekosistem hutan. Di sisi lain, kamu juga akan mempelajari mengenai upaya untuk melakukan penyelamatan, pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan dengan lebih efisien.

Cakupan jurusan Kehutanan cukup luas, mulai dari ilmu tanah, ekologi hutan, konservasi lingkungan, memanfaatkan dan mengolah hasil hutan,fisiologi tumbuhan, keanekaragaman hayati, meningkatkan produktivitas hutan, pengolahan hasil hutan, hukum penebangan hutan, hingga teknologi kehutanan.

Kuliah di jurusan Kehutanan akan membuatmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Kehutanan dengan bidang yang kamu pilih untuk didalami.

Prospek Kerja Lususan Jurusan Kehutanan

Berikut dijelaskan beberapa peluang kerja lulusan Kehutanan, antara lain :

  • Aparatur Sipil Negara

Ada beberapa institusi pemerintahan yang menampung para lulusan Jurusan Kehutanan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Konsultan, dan berbagai dinas-dinas di pemerintahan daerah (Dishut, BAPPEDA, BLHD, dan sebagainya).

  • Pegawai BUMN dan Swasta

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memerlukan tenaga kerja dari Jurusan Kehutanan, antara lain Perhutani (Perusahaan Umum Kehutanan Negara), Inhutani, dan Perkebunan Nusantara. Kamu juga bisa berkarir di berbagai perusahaan swasta, kamu bisa bekerja di sektor industri sebagai konsultan Kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan dan sebagainya.

  •  Lembaga Penelitian

Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia Kehutanan. Bisa juga bekerja di LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya

  • Lembaga Swadaya Masyarakat

Saat ini, kondisi hutan di Indonesia bisa terbilang kritis. Lahan semakin sempit karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang merusak hutan. Nah, kalau kamu memiliki jiwa peduli lingkungan yang tinggi, kamu bisa menjadi relawan di berbagai LSM, baik sebagai pendamping atau fasilitator masyarakat lokal.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk Jurusan Kehutanan hingga prospek kerjanya. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu tertarik dan semakin yakin untuk memilih jurusan satu ini?

Tag : #jurusan kuliah    #jurusan kehutanan    #pendidikan    #pecinta alam   

Baca Juga