DPR RI akan pilih pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar (Foto: Adi Maulana Ibrahim|Katadata)

Jokowi Usulkan Nama-Nama Pengganti Lili Pintauli ke DPR, Ada Siapa Saja?

Michael Siburian | Nasional | 21-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi telah menyertakan dua nama dalam Surat Presiden (Surpres) terkait pengganti Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar.

Sementara itu, surpres tersebut telah berada di tangan pimpinan DPR dan belum diteruskan ke Komisi III DPR, yang bermitra dengan KPK, memilih satu dari dua nama tersebut.

 "Yang saya dengar kan namanya Pak Johanis Tanak kalau nggak salah, sama Pak Nyoman Wara kalau nggak salah ya, yang dari BPK ya," kata anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/09/2022).

"Kan nama dari Presiden ada dua, yang dibutuhkan satu, berarti kami harus pilih. Kecuali namanya yang dibutuhkan satu, yang dikirimkan satu, kan berarti kami harus kemudian menyetujui atau tidak setuju," lanjut Arsul.

Mekanisme untuk menentukan pimpinan di KPK berbeda dari Mahkamah Agung maupun Polri. Pimpinan KPK ditentukan melalui pemilihan dan bukan persetujuan.

"Tetapi untuk KPK ini mekanismenya bukan persetujuan, memang pemilihan, kan. Berbeda dengan hakim agung, berbeda dengan Kapolri, itu kan persetujuan semua," jelas Arsul.

Perlu diketahui, Johanis merupakan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha. Dia juga merangkap jabatan sebagai Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung. 

Sementara I Nyoman Wara adalah putra Bali yang lahir di Karangasem, 9 Juli 1967. Dia sempat menjabat di auditor utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2018 silam.

Sedangkan Lili Pintauli Siregar merupakan Wakil Ketua KPK yang menjabat dari tahun 2019-2022. Namun, ia kemudian mundur dari jabatannya pada 11 Juli lalu karena terseret dalam dugaan penerimaan gratifikasi tiket nonton MotoGP gratis dari Pertamina. Hal ini membuat kasus tersebut tidak dapat dilanjutkan.

 

Tag : #kpk    #dpr ri    #nasional    #jokowi    #pimpinan kpk    #lili pintauli   

Baca Juga