KHAMI menemui Presiden Jokowi di Istana Presiden Bogor ( Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi Menerima Kunjungan Akbar dan KAHMI di Istana, Ada Apa?

Apri Siagian | Nasional | 30-09-2022

Parboaboa, Jakarta – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri acara musyawarah nasional (munas) yang akan dilaksanakan pada November mendatang.

“Korps Alumni Perhimpunan Mahasiswa Islam atau KAHMI akan melaksanakan munas nanti pada tanggal 24 sampai 27 November 2022. Tadi kami sudah mendengarkan kesediaan beliau (Presiden) untuk hadir di Palu, Sulawesi Tengah untuk membuka acara KAHMI,” kata Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Ahmad Doli Kurnia saat mengunjungi Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (30/09/2022).

Pada acara pertemuan itu, Jokowi juga membahas sejumlah hal dengan KAHMI yaitu soal kondisi perekonomian global yang tidak stabil di Indonesia.

“Tadi pesannya pak presiden adalah agar kita bisa ikut juga menjelaskan kepada masyarakat tentang situasi ini dan kemudian berupaya untuk bisa terus bangkit untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang,” kata Doli.

Sebagai informasi, KAHMI dibentuk pada Munas Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bertepatan dengan Kongres VIII HMI di kota Solo, Jawa Tengah. Ide mendasar terbentuknya KAHMI adalah keinginan adanya wadah kekeluargaan alumni HMI. Pada tahun 1966 saat itu HMI masih berusia 19 tahun.

Kemudia, alumni HMI sudah ada di mana-mana pada saat itu, HMI sudah terkenal sebagai pemasok birokrat, akademisi, hingga politisi. Hampir semua di kehidupan yang bersentuhan dengan masyarakat luas, peran alumni HMI sangat menonjol.

Keinginan para alumni itu tersalurkan pada Munas Alumni HMI pada forum Kongres VIII di Solo pada 10-17 September 1966. Pada 15 September, munas menyepakati dibentuknya Korps Alumni HMI yang kemudian disahkan pada 17 September 1966.

Pada awalnya KAHMI sendiri merupakan badan khusus HMI yang berfungsi sebagai tempat informasi dan wadah konsultasi bagi HMI. Namun seiring perkembangan zaman, KAHMI dan HMI putus hubungan secara organisatoris pada tahun 1987.

Pada saat itu, KAHMI sudah menjadi ormas tersendiri. Sejak tahun itu pula dibentuk Presidium KAHMI Nasional.

Tag : #kahmi    #akbar    #nasional    #hmi    #jokowi    #hmi   

Baca Juga