Ilustrasi Presiden Jokowi kunjungan kerja. (dok CNN)

Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Korban Banjir Sintang Hari Ini

Rini | Nasional | 08-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat hari ini, Rabu (8/12). Kunjungan kali ini memang dilakukan sedikit terlambat, karena banjir yang menggenangi wilayah tersebut telah surut.  

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Presiden akan mengunjungi lokasi langsung banjir, serta menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Selain itu, Jokowi pun akan mengecek kerusakan infrastruktur akibat banjir tersebut.

"Melihat area yang akan direvitalisasi antara lain jembatan akan diperbaiki, membuat seperti tanggul, dan tanam pohon," ujar Heru.

Banjir Sintang menggenang selama sebulan setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut dan menyebabkan sungai Kapuas meluap. Sebelumnya Jokowi mengatakan bahwa banjir Sintang terjadi karena kerusakan di bagian hulu pada area penangkapan hujan yang terjadi sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Agar banjir tidak terjadi lagi, Jokowi berjanji akan melakukan perbaikan dengan membangun persemaian dan melakukan penghijauan di daerah-daerah hulu tangkapan hujan.

Peresmian Bandara Tebelian

Heru memang tidak membeberkan detail kunjungan Jokowi, namun kemungkinan dalam kunjungan kali ini Presiden Jokowi akan meresmikan Bandara Tebelian yang juga berada di Kabupaten Sintang.

Rencana peresmian Bandara Tebelian oleh Presiden Jokowi, diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang sudah berada di Kabupaten Sintang sejak Selasa (7/12).

"Hari ini saya ke Bandara Tebelian untuk mengecek kondisi fasilitas sisi darat dan sisi udara bandara, yang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Rabu ini," kata Budi Karya Sumadi di Sintang, Kalbar, Selasa (7/12).

Bandara Tebelian merupakan bandara yang dibangun untuk menggantikan bandara lama yang sudah tidak dapat dikembangkan. Bandara tersebut telah dibangun sejak tahun 2011 dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp 580 miliar.

Tag : #jokowi    #jokowi ke sintang    #jokowi kunjungi lokasi banjir sintang    #nasional   

Baca Juga