Presiden RI Indonesia Joko Widodo (foto: Antaranews)

Jokowi Kantongi 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

Apri Siagian | Metropolitan | 07-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irawan mengatakan bahwa pihaknya sudah menyerahkan tiga nama Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ya, sudah diserahkan hari Selasa,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan kepada wartawan, Jumat (07/10/2022).

Ketiga nama itu adalah, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, serta Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Usulan nama itu diserahkan ke Kemendagri melalui Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet pada selasa lalu. Adapun nama-nama yang diusulkan masih sama dengan nama yang diusulkan DPRD DKI sebelumnya.

"Nama sama. Jadi, nama-namanya sebagaimana yang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi karena sesuai batas waktu yang kita siapkan tidak ada masukan dan saran dari kementerian dan lembaga. Kemudian, karena tidak ada kita lakukan pembahasan," kata Benny.

Selain itu, penentuan akan dilakukan pada rapat oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Jokowi. Penentuan oleh TPA ini juga akan diikuti oleh sejumlah menteri dan kepala lembaga terkait.

"Iya, nanti akan ada sidang TPA, tim penilai akhir yang dipimpin bapak presiden yang dihadiri dan diikuti oleh beberapa menteri dan kepala beberapa lembaga terkait," ujar Benny.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menerima 3 nama calon Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan yang diusulkan DPRD DKI Jakarta. Selanjutnya, Kemendagri akan memverifikasi nama-nama tersebut sebelum disetorkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Staf khusus Kemendagri Kastorius Sinaga mengklaim bahwa pihaknya telah melakukan mekanisme lanjutan terhadap pemilihan Pj Gubernur DKI Jakarta. Salah satu tahap berikutnya dengan melakukan verifikasi terhadap 3 nama yang diusulkan DPRD.

“Mekanismenya nanti ini akan semuanya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya, administrasinya, lalu nanti akan dibawakan bapak Mendagri,” kata Kastorius, Rabu (14/09/2022) lalu.

Tag : #jokowi    #calon pj gubernur dki    #metropolitan    #kemendagri    #kaspuspen    #tpa    #dprd    

Baca Juga