Warganet naikkan tagar Boikot JNE, buntut lowongan kerja berbau SARA (dok Sindonews)

JNE Putus Hubungan Kerjasama dengan Mitra Buntut dari Lowongan Kerja Berbau Sara

Rini | Ekonomi | 08-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - Boikot JNE beberapa hari ini sedang menjadi perbincangan panas publik di media sosial Twitter, warganet ramai-ramai menaikkan tagar boikot JNE hingga menjadi trending. Ternyata pemboikotan JNE ini dilakukan warganet usai sebuah pamflet lowongan kerja sebagai kurir di JNE Express mewajibkan pelamar harus beragama Islam.

Persyaratan tersebut menarik perhatian warganet, karena dianggap berisi isu SARA dan diskriminasi bagi calon pekerja yang beragama non Islam.

Dalam keterangan di pamflet tersebut, dituliskan pelamar akan ditempatkan di wilayah Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Penjelasan dari JNE terkait pamflet tersebut

Menanggapi hal tersebut, VP of Marketing JNE Eri Palgunadi  mengeluarkan pernyataan resmi yang megatakan, kejadian tersebut merupakan pelanggaran terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) dan nilai-nilai perusahaan yang menghargai keberagaman dan perbedaan.

Perusahaan tidak menoleransi kejadian tersebut dan langsung melakukan pemutusan kerjasama dengan pihak CV Bangun Lestari yang merupakan mitra JNE yang membuat pamflet tersebut. Tak hanya untuk mitra, JNE juga akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi karyawan yang terlibat dengan kasus ini.

"Manajemen JNE secara tegas memberikan sanksi pemutusan hubungan kerja sama dengan pihak mitra," kata Eri, Rabu (8/12).

Dalam penjelasannya pihak manajemen mengatan JNE adalah perusahaan yang mempekerjakan karyawan yang berasal dari beragam suku bangsa, ras, dan agama. JNE yang telah beroperasi selama 31 tahun di Indonesia memegang teguh nilai toleransi dan menghormati perbedaan.  

"Kami sangat memegang teguh nilai-nilai perusahaan yang mengutamakan toleransi dan saling menghormati serta menghargai perbedaan," ujar Eri.

Lebih lanjut, Eri mengatakan nilai-nilai ini direalisasikan dalam berbagai aspek pada aktivitas perusahaan, antara lain kegiatan keagamaan karyawan, apresiasi perjalanan ibadah bagi karyawan dengan masa kerja 10 tahun, baik umrah, holly land, dan lain lain.

Tag : #viral    #boikot jne    #trending    #jne diboikot warganet    #klarifikasi jne    #ekonomi   

Baca Juga