Jeruk 3 ton kiriman warga Karo sampai di Istana Negara. (dok Sekretariat Presiden)

Jeruk Kiriman Warga Karo Sudah Sampai di Jakarta

Rini | Nasional | 06-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - Perwakilan warga Karo yang datang ke Jakarta membawa 3 ton jeruk untuk Presiden Jokowi telah sampai di Istana Presiden pada Senin (6/12). Sebanyak 6 perwakilan yang datang akhirnya berkesempatan bertemu dengan presiden untuk membicarakan mengenai perbaikan infrstruktur di Liang Melas, Kabupaten Karo, Sumut.

Setelah bertemu dengan wakil masyarakat Presiden Jokowi berjanji akan memnuhi tuntutan masyarakat dan akan segera memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

Jokowi mengatakan bahwa perwakilan dari Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Bina Marga telah melakukan pengecekan kondisi jalan tersebut.

"Saya sudah dengar semua kok, jadi nggak usah diceritakan saya sudah dengar. Tadi pagi katanya sudah mulai melihat lapangan, sudah mengukur, nanti sebentar lagi dikerjakan," kata Jokowi.

Jokowi melihat langsung proses pembongkaran muatan jeruk yang dibawa masyarakat dari Karo tersebut. Sebagai balasan Jokowi memberikan bantuan kepada petani di Liang Melas Datas, dan berjanji akan mengunjungi desa tersebut setelah jalan tersebut selesai diperbaiki.

Sementara itu salah satu wakil masyarakat yang datang ke Jakarta Setia Sembiring mengatakan jalan rusak tersebut berdampak pada warga di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas. Sehingga Sembiring berharap dengan adanya perbaikan jalan, kehidupan warga di desa tersebut semakin membaik.

Para warga yang mayoritasnya merupakan petani, kesulitan saat akan menjual hasil tani ke kota, karena jalan rusak tersebut merupakan satu-satunya akses menuju kecamatan tempat penjualan.

"Kalau sekarang lumpur macamlah. kalau tidak ditarik ga bisa keluar, kadang ada yang terbalik. oleh karena itu, kami mohon kepada bapak Jokowi agar masyarakat liang melas diperhatikan, agar bisa berubah nasib masyarakat desa liang melas," kata Setia.

Sebelumnya pada Jumat (3/12) kelompok masyarakat di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo mengirimkan jeruk sebanyak 3 ton untuk Presiden Jokowi. Aksi ini digelar warga untuk meminta perhatian presiden terkait kondisi jalan di desa tersebut yang rusak.

Dengan mengirim jeruk, warga setempat mengundang Presiden Jokowi dan berharap Jokowi dapat meluangkan waktunya untuk berkunjung ke desa mereka untuk melihat kondisi jalan di desa mereka yang telah rusak selama berpuluh-puluh tahun. 

Tag : #karo    #sumut    #jeruk dari karo sampai jakarta    #jokowi terima jeruk 3 ton    #daerah   

Baca Juga