Filter Udara Motor (Foto: Federal Oil)

Jenis-Jenis Filter Udara Sepeda Motor dan Masa Pakainya

Juni | Otomotif | 17-09-2022

PARBOABOA - Filter udara merupakan salah satu spare part fast moving pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk menyaring udara sebelum dicampurkan dengan bensin dan masuk ke ruang bakar.

Jika udara luar tidak disaring dengan  baik, dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada injeksi ataupun karburator.

Di pasaran, terdapat empat jenis filter udara berdasarkan tipe bahannya. Apa saja itu? simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Filter Udara Tipe Konvensional Berbahan Busa

Jenis filter udara yang pertama adalah berbahan busa. Jenis yang satu ini biasa digunakan pada sepeda motor keluaran lama dibawah tahun 2006.

Modelnya yang sederhana dan mudah untuk dibersihkan, tapi harus diganti jika sudah tipis dan bolong-bolong. Lama pemakaian filter udara motor ini sekitar 12.000-15.000 kilometer.

2. Filter Udara Jenis Kertas Kering

Filter udara jenis ini banyak kita jumpai pada sepeda motor masa kini. Penggunaan bahan kertas kering yang tebal dipercaya memiliki daya tahan yang baik dan tidak cepat rusak.

Filter udara kering juga lebih mudah dibersihkan dan harganya relatif murah. Tenggang waktu pemakaiannya adalah sekitar 8.000-10.000 kilometer.

3. Filter Udara Kertas Basah

Filter udara kertas basah biasa ditemukan pada motor matik keluaran baru. bentuknya hampir sama dengan filter udara jenis kertas kering, namun jika diraba ada pelumas yang menempel. Pelumas tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran yang berasal dari luar.

Cara membersihkannya tidak memerlukan air ataupun bensin, karena dapat menghilangkan pelumasnya. Kamu bisa membersihkannya cukup dengan dipukul-pukul ringan.

Namun jika filter basah memang terlihat sudah sangat kotor, sebaiknya diganti untuk menghindari kerusakan pada ruang pembakaran sepeda motor. Untuk masa pamakaiannya sendiri adalah sekitar 15.000 kilometer.

4. Filter Udara Jenis Stainless

Filter udara jenis stainless memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis filter lainnya. Karena biaya produksinya yang lebih mahal dan dibuat oleh produsen aftermarket.

Akan tetapi, harganya yang lebih mahal juga sebanding dengan ketahanannya. Cara merawatnya juga lebih mudah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Itulah tadi penjelasan tentang jenis-jenis filter udara pada sepeda motor. Jadi, dari keempat jenis filter di atas, kamu pilih yang mana?

Tag : #filter udara    #motor    #otomotif    #karburator    #saringan udara    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga