Ilustrasi airbag pada mobil (Dok: hsrwheel.com)

Mengenal Jenis dan Cara Kerja Airbag pada Mobil

Dimas | Otomotif | 18-06-2022

PARBOABOA – Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang penting diketahui oleh seluruh pemilik mobil. Sebab, airbag dinilai sangat membantu para pengendara ketika terjadi benturan atau kecelakaan pada mobil.

Airbag sendiri adalah salah satu perangkat tambahan berupa kantong udara yang bisa mengembang dan mengempis secara cepat dan otomatis ketika mobil mengalami kecelakaan atau benturan.

Fungsi Airbag pada Mobil

Airbag biasanya terletak di beberapa bagian, tergantung tipe dan merek mobilnya. Ada yang hanya terpasang di bagian depan pengemudi dan asisten (depan), ada juga yang di bagian penumpang belakang (front, side, dan curtain airbag).

Adapun fungsi dari airbag ialah untuk melindungi bagian tubuh yang vital, terutama kepala, leher, dan dada akibat dari kecelakaan atau benturan keras.

Meskipun sudah ditahan oleh seatbelt, tetapi bantalan airbag akan membantu mengurangi risiko cedera parah. Sebagai pelindung keselamatan, airbag juga bisa memperlambat gerak laju penumpang untuk waktu yang singkat.

Cara Kerja Airbag pada Mobil

Saat mobil mengalami benturan keras, sensor mobil akan mengirimkan sinyal dan membuat kawat kantung udara menjadi panas. Kemudian, panas tersebut akan menghasilkan gas nitrogen yang berguna untuk mengisi airbag.

Alhasil, airbag akan mengembang dengan sangat cepat memenuhi beberapa bagian mobil dan melindungi penumpang. Selanjutnya, setelah airbag berhasil mengembang dan kepala penumpang membentur airbag, kantong udara itu akan mengempis perlahan karena nitrogen di dalam airbag mulai keluar.

Jenis- Jenis Airbag

Setelah mengetahui fungsi dan cara kerja dari airbag, para pemilik mobil juga harus mengetahui jenis-jenis airbag yang ada pada mobil.Berikut ini Parboaboa telah merangkum jenis-jenis airbag yang tersedia pada mobil, di antaranya:

1. Dual SRS Airbags

Jika pada sebuah mobil terdapat keterangan fitur Dual SRS Airbags, maka itu berarti mobil tersebut menggunakan jenis airbag mobil pada bagian depan sebanyak dua buah. Satu airbag ditempatkan di titik yang paling dekat dengan pengemudi yaitu biasanya pada bagian tengah setir. Sementara airbag yang lain ditempatkan di posisi terdekat dengan penumpang depan. Biasanya titik yang dipilih adalah pada bagian atas dashboard dengan lokasi di penumpang depan.

2. Curtain Airbags

Curtain airbags merupakan salah satu jenis airbag mobil yang dipasang di seluruh kaca jendela mobil baik kiri dan kanan hingga ke sisi penumpang belakang.

Jenis airbag yang satu ini berguna melindungi kepala seluruh penumpang di mobil dari risiko benturan dan juga pecahan kaca mobil.

3. Knee Airbags

Sama seperti kedua jenis airbag di atas, knee airbag juga berfungsi untuk meminimalisir risiko berat pada penumpang akibat benturan ketika terjadi kecelakaan

Knee airbag berada di bawah dashbaord atau setir untuk melindungi lutut dan kaki. Dengan adanya airbag ini, cidera patah tulang kaki akan dapat dihindari ketika terjadi kecelakaan.

Demikianlah seputar informasi mengenai fungsi dan cara kerja dari airbag pada mobil. Jadi, sebelum membeli mobil, sebaiknya pilih merek atau jenis mobil yang menyematkan fitur yang satu ini ya!

Tag : #mobil    #airbagmobil    #otomotif    #cutain airbags    #knee airbags    #fitur keselamatan   

Baca Juga