Ilustrasi

Jarang Diketahui, Ini Fitur Tersembunyi Telegram dan Cara Pakainya

Wanovy | Teknologi | 23-10-2021

Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan populer yang digunakan oleh banyak orang, selain WhatsApp. Tercatat, aplikasi yang pertama kali dirilis pada 2013 ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali di toko aplikasi Google Play Store.

Telegram sendiri memang punya fitur standar seperti mengubah pesan yang sudah dikirim namun di luar itu, aplikasi perpesanan buatan Pavel Durov itu punya beberapa fitur rahasia yang jarang atau bahkan tidak diketahui oleh penggunanya. Berikut beberapa di antaranya.

Telegram bahkan menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit sebuah video secara langsung lewat aplikasi. Berikut ini daftar fitur tersembunyi Telegram dan cara menggunakannya.

1. Pesan Terjadwal

Telegram memungkinkan penggunanya untuk membuat pesan terjadwal yang akan otomatis dikirimkan di waktu yang ditentukan. Lebih lanjut, pengirim juga bisa mengatur agar pesannya “silent” alias tidak akan mengeluarkan notifikasi suara di HP penerima.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, terlebih dahulu pengguna harus membuka aplikasi Telegram dan pilih kolom obrolan yang diinginkan. Kemudian ketikkan isi pesan yang diinginkan pada kolom yang tersedia.

Sebelum mengirim pesan, klik dan tahan ikon “Send”, lalu pilih opsi "Schedule message". Selanjutnya pilih kapan pesan ingin ingin dikirimkan ke penerima. Pesan yang dikirim dapat diatur dalam waktu yang spesifik.

Pengguna bisa memilih tanggal, bulan, tahun, serta jam dan menit pada opsi pengaturan yang tersedia. Setelah waktu berhasil diatur, tekan tombol "Send on..." untuk menjadwalkan pesan. Pesan yang dijadwalkan dapat diakses dalam kolom terpisah "Scheduled Messages", yakni dengan menekan tombol dengan ikon kalendar.

2. Silent Messages

Apabila ingin mengirimkan pesan namun tidak ingin mengganggu si penerima secara langsung, maka pengguna dapat mencoba fitur Silent Messages Saat menggunakan fitur ini, pesan yang diterima tidak akan disertai dengan nada dering, meski profil ponsel tidak dalam mode silent (senyap) sekalipun.

Untuk menggunakannya, buka aplikasi Telegram dan pilih kolom obrolan yang diinginkan. Ketikkan isi pesan yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Apabila hendak mengirim pesan dalam format silent message, klik dan tahan ikon “Send”, lalu pilih opsi "Send without sound". Pesan kemudian akan dikirimkan ke penerima tanpa disertai dengan nada dering atau getaran (vibrate).

3. Tema Kustom

Sebagai aplikasi perpesanan yang ramah pengguna, Telegram juga memberi kesempatan kepada penggunanya untuk mengustomisasi tampilan Telegramnya. Telegram menyediakan beragam jenis tema dan kombinasi warna mulai dari yang terang hingga gelap.

Tema ini akan diaplikasikan untuk mengubah warna latar belakang dari bagian chat dan perpesanan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke “Settings”, lalu pilih “Chat Settings”. Di menu tersebut akan ada bagian “Color theme” dengan beragam pilihan untuk dipilih.

4. Unsend Pesan Terkirim

Layaknya WhatsApp, pengguna dapat mencoba menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirim (unsend). Caranya cukup klik pada kolom pesan yang diinginkan dan tekan ikon berbentuk tempat sampah. Pilih opsi "also delete for .." dan klik tombol delete untuk menghapus pesan. Pesan yang dihapus akan menghilang dari kolom percakapan pengirim dan penerima.

5. Edit Foto Ketika Mengirim

Sadar bahwa penggunanya bisa lupa atau melakukan kesalahan, Telegram menghadirkan fitur untuk mengedit dan mengganti gambar. Menariknya, fitur ini bisa digunakan sekalipun gambar terkait sudah terkirim ke HP penerima. Ini fitur menarik yang bahkan WhatsApp pun hingga kini belum memunculkannya.

Apabila ingin menggunakan fitur ini, pengguna tinggal tekan dan tahan lama pesan yang telah dikirim. Lalu, akan ada tombol “Edit” sama seperti ketika ingin mengedit pesan yang sudah terkirim. Di dalam fitur edit itu, terhadap dukungan untuk menambah filter, memotong gambar hingga menggantinya.

6. Edit Vidio Langsung di Instagram

Untuk menambah kesan estetika pada video, pengguna dapat terlebih dahulu menyunting video yang ingin dikirimkan lewat Telegram. Sebelum mengirim video, pengguna dapat terlebih dahulu mengatur tingkat saturasi, kontras, eksposure, hingga menentukan kualitas pada video.

Caranya dengan membuka aplikasi Telegram dan pilih kolom obrolan yang diinginkan. Pilih ikon penjepit kertas dan pilih video yang hendak diedit. Sebelum dikirim, pengguna dapat menggunakan tools yang terdapat di sisi bawah aplikasi untuk memotong, mengatur tingkat pencahayaan, hingga menentukan kualitas video.

7. Folder Chat

Selanjutnya adalah fitur di mana pengguna bisa memilih chat mereka untuk dimasukkan ke dalam folder tertentu. Dengan fitur ini, pengguna kini dapat hanya berhadapan dengan chat yang ingin dan menghindari chat yang tidak diinginkan atau dirasa kurang penting. Contohnya, pengguna bisa mengatur grup yang berisi chat rekan kerja saja.

Untuk mengaplikasikan fitur ini, pengguna hanya perlu pergi ke pengaturan Telegram lalu memilih “Folders”. Di situ pengguna bisa membuat sebanyak mungkin folder yang diinginkan dan mengisinya dengan chat, grup ataupun channel terpilih.

Itulah beberapa fitur tersembunyi aplikasi Telegram yang jarang diketahui orang. Selamat mencoba!

Tag : teknologi, apps, telegram

Berita Terkait