Formula E Monte-Carlo di Monaco.

Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Balapan mobil listrik Formula E 2022

Maraden | Olahraga | 16-10-2021

PARBOABOA, Jakarta –  Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara ajang balapan bertaraf Internasional. Sebelumnya Indonesia juga mendapat kepastian menjadi tuan rumah untuk World Superbike (WorldSBK) dan juga MotoGP di sirkuit Madalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Satu lagi even balapan Internsional yang akan digelar di Insonesia yakni Formula E yang dipastikan digelar di Jakarta 4 Juni 2022 nanti.

Keputusan tersebut telah ditetapkan melalui Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) World Motor Sport Council di Paris (15/10/2021) yang sekaligus memasukkan Formula E Jakarta kedalam kalendar balapan musim kedelapan tahun 2021/2022.

Dalam video yang dishare khusus untuk penggemar olah raga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo memberikan keterangan mengenai keputusan tersebut untuk penggemar di Indonesia.

Longo mengatakan even Jakarta E-Prix akan menjadi hal penting bagi Indonesia dan ABB Formula E. Dia juga mengapresiasi Presiden Jokowi dalam upaya mengurangi ketergantungan pada energi konvensional dan beralih pada energi ramah lingkungan.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil. Hal itu sejalan dengan filosofi Formula E Operations Limited (FEO) untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia”, kata Longo, dalam video tersebut.

Sementar itu, Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto mengatakan nantinya ABB Formula E: Jakarta E-Prix akan menggunakan trek jalanan dalam kota di Jakarta. Hal itu akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta ke ranah Internasional.

"Kami ingin masyarakat dari seluruh dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka akan berkunjung ke Indonesia tanpa ragu, baik menjadi turis maupun sebagai investor", kata Widi, dalam keterangan resminya.

Even Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara saja. Nantinya akan ada rangkaian acara pendukung sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022 yang tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM.

"Harapan kami, balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak," pungkasnya.

Ajang balapan Formula E Jakarta nantinya akan digelar di sirkuit jalan raya di sekitar pulau reklamasi Jakarta Utara, setelah berubah dari lokasi yang diusulkan sebelumnya yakni di seputar Monas.

Formula E memiliki nama resmi ABB FIA Formula E World Championship, atau sering disebut ABB Formula E, adalah ajang balap mobil single seater yang menggunakan mobil bertenaga listrik. Pemegang hak utama Formula E adalah FIA yang bermarkas di Paris, Perancis.

Ajang ini pertama kali dilaksanakan dan Beijing pada 2014. Sejak tahun 2020, kejuaraan ini telah berstatus sebagai kejuaraan dunia.

Untuk ABB Formula E di Jakarta mengambil nama Jakarta E-Prix. Selain Jakarta, di musim kedelapan ini, Formula E akan digelar juga di Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London and Seoul.

Tag : olahraga, formula e, formula e jakarta, jakarta e prix, abb formula e

Berita Terkait