Senegal melaju ke babak semifinal (Sumber Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Afrika 2021

Michael | Sepakbola | 03-02-2022

Parboaboa.com – Pergelaran Piala Afrika 2021 telah memasuki babak semifinal. Terdapat empat negara yang akan saling mengalahkan untuk merebutkan 2 tiket menuju final. Empat negara yang berhasil lolos ke babak semifinal adalah Burkina Faso, Senegal, Kamerun, dan Mesir.

Senegal yang masuk sebagai salah satu negara yang di favoritkan juara akan bertemu Burkina Faso di babak semi final Piala Afrika 2021, kedua negara ini diketahui belum pernah menjuarai turnamen terbesar di benua Afrika tersebut. Jadi, raihan kemenangan bagi kedua negara ini menjadi sangat penting untuk memperbesar peluang mendapatkan trofi Piala Afrika pertama mereka.

Jadwal pertandingan semifinal Piala Afrika 2021 antara Burkina Faso vs Senegal akan berlangsung di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, Kamis (3/2/2022) pukul 02.00 WIB.

Burkina Faso pernah menjadi runner up di Piala Afrika 2013, sementara Senegal dua kali menjadi runner up setelah tumbang di final 2002 dan 2019.

Senegal yang pernah menembus perempat final Piala Dunia 2002 saat ini berada di peringkat ke-20 FIFA, sekaligus menjadi negara Afrika yang dengan peringkat tertinggi. Hal ini bisa menjadi modal sekaligus tekanan tersendiri bagi Senegal untuk menjuarai Piala Afrika 2021.

Aliou Cisse yang menjadi pelatih Senegal diperkuat oleh sederet bintang besar yang bermain di skuad utama tim-tim besar Eropa seperti Sadio Mane, Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, dan Idrissa Gueye. Dengan barisan pemain itu, sudah seharusnya Senegal lebih diunggulkan dibandingkan Burkina Faso.

Di sisi lain, Burkina Faso bukanlah sekedar negara peramai di Piala Afrika 2021. Keberhasilan mengalahkan semifinalis Piala Afrika 2019, Tunisia, menjadi catatan yang perlu dipertimbangkan. Situasi negara yang sedang kacau akibat kudeta pun tidak berpengaruh terhadap performa anak asuh Kamou Malo.

Burkina Faso berhasil melaju ke babak semifinal Piala Afrika 2021 dengan pencapaian hampir sempurna karena hanya pernah satu kali kalah dari tuan rumah Kamerun.

Selain pertandingan Burkina Faso vs Senegal, duel seru perebutan tiket ke babak final juga akan mempertemukan Kamerun dengan Mesir. Jadwal pertandingan semifinal Piala Afrika 2021 antara Kamerun vs Mesir akan berlangsung di Stadion Olembe, Jumat (4/2/2022) pukul 02.00 WIB.

Gol Mohamed Salah dan Mahmoud Trezeguet ke gawang Maroko memastikan langkah The Pharaohs ke babak semifinal. Mereka menyusul tuan rumah Kamerun yang sudah lebih dulu melangkah ke babak tersebut berkat kemenangan 2-0 melawan Gambia.

Berdasarkan statistik, performa Mesir tidak bisa dibilang menakjubkan karena Mohamed Salah dan kawan-kawan hanya mencetak empat gol dari lima pertandingan terakhir. Timnas Mesir juga masih terlalu bergantung kepada sosok Mohamed Salah yang telah mencetak tiga dari empat gol mereka sejauh ini.

Pelatih Mesir, Carlos Queiroz tidak kecewa jika anak didiknya terlalu bergantung kepada Mohamed Salah. Karena, jika dengan mengandalkan Salah mereka mampu meraih kemenangan, hal tersebut menjadi wajar karena mereka mengincar juara di Piala Afrika 2021 ini.

Di sisi lain, Kamerun tampil lebih menyakinkan di hadapan masyarakatnya. Statistik mencatat 11 Gol dari total gol The Lions dicetak oleh Vincent Aboubakar (6 gol) dan Karl Toko Ekambi (5 gol).

Aboubakar dan Ekambi kemungkinan besar bakal menjadi andalan untuk mengacak-acak lini pertahanan Mesir. Mereka juga harus segera mengakhiri raihan buruk saat bertemu Mesir di semua kompetisi. Sebab dari lima pertemuan, The Pharaohs berhasil mengumpulkan empat kemenangan.

Namun, ketika bertemu terakhir kali pada 6 Februari 2017 lalu, Kamerun sempat menjadi pemenang dengan skor 2-1 di Piala Afrika tahun itu. Vincent Aboubakar bahkan menjadi salah satu pencetak gol di pertandingan tersebut.

Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Afrika 2021:

Kamis (3/2) 02.00 WIB: Burkina Faso vs Senegal
Jumat (4/2) 02.00 WIB: Kamerun vs Mesir  
 

Tag : #jadwal pertandingan    #jadwal bola    #piala afrika 2021    #senegal    #mesir    #kamerun    #burkina faso   

Baca Juga