Jadi Person of The Year 2021, Ini Perusahaan Lain Elon Musk Selain Tesla dan SpaceX

Penulis : Wanovy | Teknologi | 16-12-2021

Elon Musk

Elon Musk dinobatkan sebagai Person of the Year 2021 oleh majalah Time. Penghargaan ini karena pendiri sekaligus CEO Tesla ini dianggap menjadi orang yang paling mempengaruhi berita atau kehidupan masyarakat, baik atau buruk sepanjang tahun 2021.

Elon Musk sendiri merupakan bos Tesla dan SpaceX yang mempunyai kekayaan USD253,8 miliar atau setara dengan Rp3.629 triliun. Demikian dikutip data Forbes real time billionaires.

"Untuk menciptakan solusi bagi krisis eksistensial, untuk mewujudkan kemungkinan dan bahaya zaman raksasa teknologi, untuk mendorong transformasi masyarakat yang paling berani dan disruptif, Elon Musk adalah Person of the Year 2021 versi Time," ujar Pemimpin Redaksi Time Edward Felsenthal dilansir dari Reuters, Selasa (14/12/2021).

Bukan Tesla dan SpaceX, Musk bahkan memiliki banyak perusahaan lain selain itu. Penasaran sama perusahaan yang Elon Musk dirikan? Berikut daftarnya.

1. Tesla

Tesla adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Lewat Tesla pula, Musk berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembuat kendaraan listrik komersil pertama yang layak digunakan.

Tidak hanya layak, Tesla juga berhasil menjadi perusahaan yang menguntungkan. Dengan inovasi yang terus digulirkan, saham Tesla berhasil melonjak sekitar 700 persen pada 2020. Keberhasilan ini seketika membuat Musk menjadi orang terkaya di dunia.

Beberapa jenis mobil listrik yang Tesla, Inc produksi seperti Tesla model S, X, Y, dan 3 yang terdiri dari sedan dan SUV. Berkat dedikasi Elon, Tesla berhasil memproduksi hingga 5.000 mobil model Tesla 3 per minggu pada tahun 2018. Bahkan memperoleh beberapa penghargaan, seperti “Car of The Year” oleh Motor Trend Magazine pada tahun 2012 silam.

2. SpaceX

Salah satu perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX juga didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002 silam. Tujuan pendiriannya adalah untuk mengurangi biaya transportasi ke luar angkasa dan mengamati bilamana ada kemungkinan tinggal di Planet Mars. Adapun transportasi yang SpaceX produksi seperti roket dan pesawat luar angkasa Dragon.

Pada tahun 2020 silam, SpaceX baru saja merayakan peluncuran roket yang ke-100. Sekaligus menjadi sejarah baru karena satu roket orbital dapat digunakan kembali sebanyak enam kali. Dalam jangka panjang, Musk berencana untuk menggunakan SpaceX sebagai transportasi untuk mengangkut setidaknya 1 juta manusia ke Mars.

3. PayPal

Sebelum PayPay, awalnya Elon Musk mendirikan X.com pada Maret 1999. Kemudian, tahun 2000 ia mengakuisisi Confinity yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada Desember 1998.

Pada Oktober 2000, Elon Musk akan menghentikan operasi perbankan internet X.com dan berfokus pada layanan uang PayPal. Hingga pada Februari 2002 PayPal diakuisisi eBay.

4. The Boring Company

Perusahaan Musk yang satu ini bergerak di bidang jasa pembangunan terowongan dan infrastruktur. Meski dengan nama yang cukup nyeleneh, perusahaan ini mampu membawa inovasi dalam mengembangkan sistem transportasi terowongan bawah tanah. Sistem transportasi yang dikenal dengan Loop tersebut, menggunakan semua perangkat yang bersumber dari listrik sehingga dinilai tidak menghasilkan emisi. Jaringan transportasi bawah tanah ini sudah diterapkan di beberapa wilayah di Las Vegas.

5. SolarCity

SolarCity didirikan pada 4 Juli 2006 oleh bersaudara Peter dan Lyndon Rive berdasarkan konsep dari Elon Musk. Elon Musk menjabat sebagai ketua dewan dan pemilik saham terbesar SolarCity.

Musk terkenal dengan inovasinya yang mendukung tujuan keberlanjutan lingkungan. Selain Tesla, Musk juga memiliki perusahaan SolarCity yang bergerak dalam pembuatan panel surya.

Musk juga mengumumkan bahwa SolarCity dan Tesla, Inc. akan bekerjasama pada tahun 2012. Pada 17 Juni 2014, Musk membangun fasilitas produksi canggih SolarCity di Buffalo, New York. Hingga pada 2016, SolarCity diakuisisi Tesla, Inc..

6. Zip2

Zip2 merupakan perusahaan pertama yang berhasil didirikan oleh Elon Musk, tepatnya pada tahun 1995. Tidak sendirian, Musk mendirikan sekaligus mengelola perusahaan bersama saudara kandungnya, KImbal Musk. Zip2 sendiri bergerak di bidang penyediaan dan pelisensian perangkat lunak kota online ke surat kabar.

Namun, perjalanan perusahaan ini di tangan Elon Musk dan saudaranya harus terhenti. Zip2 pada akhirnya dijual ke perusahaan perangkat lunak Compaq Computer Corporation pada tahun 1999 seharga USD307 juta dibayar tunai dan USD34 juta dalam bentuk saham.

7. Open AI

Masih belum lama ini, tepatnya tahun 2015, Elon Musk bersama Sam Altman bekerja sama untuk mendirikan perusahaan kecerdasan buatan (AI) berbasis nirlaba, bernama open AI. Tujuannya untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang dipercaya dapat menguntungkan manusia secara keseluruhan.

8. Neuralink

Neuralink merupakan perusahaan yang didirikan Musk bersama rekannya pada 2016. Perusahaan ini juga bergerak di bidang pengembangan teknologi, khususnya pada artificial intelligence (AI).

Musk berusaha menghadirkan penggabungan teknologi AI dengan saraf otak manusia dalam perusahaan ini. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu orang yang menyandang kelumpuhan agar dapat beraktivitas dengan memanfaatkan perangkat digital.

Tak hanya berhasil membangun perusahaannya sendiri, Elon Musk juga mampu mempengaruhi nilai mata uang kripto di Twitter dan saham meme yang telah memicu pergerakan besar-besaran dalam nilainya.

Musk telah mendominasi berita utama dan mengumpulkan lebih dari 66 juta pengikut di Twitter. Beberapa cuitannya juga menjadi perhatian regulator sekuritas.

Editor : -

Tag : #elon musk    #CEO Tesla    #spaceX    #person of the year2021    #perusahaan elon musk   

Baca Juga