Istilah-istilah dalam sepak bola (Foto: Pexels.com)

Istilah-istilah Dalam Sepak Bola dan Pengertiannya

Michael | Sepakbola | 20-05-2022

PARBOABOA – Siapa yang tidak tahu dengan olahraga sepak bola. Permainan ini begitu terkenal hampir di seluruh dunia. Turnamen-turnamen sepak bola pun banyak yang menjadi perhatian utama masyarakat dunia. Sebut saja Piala Dunia, Euro, atau Liga Champions Eropa.

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim, di mana masing-masing tim berisikan 11 orang pemain. Tujuan dari sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Masih belum jelas bagaimana sejarah awal mula dari olahraga ini. Namun yang pasti, sepak bola telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak dimainkan dan ditonton oleh masyarakat saat ini.

Ketika menonton sepak bola, kita mendengar banyak istilah-istilah yang digunakan selama pertandingan berlangsung. Kick off, goal kick, corner, penalty, atau offside adalah beberapa istilah dalam sepak bola yang sering kita dengar dari pertandingan sepak bola.

Untuk menikmati sebuah pertandingan sepak bola, tentu kita harus pahami arti istilah-isitlah dalam sepak bola ini. apalagi masih banyak istilah-istilah dalam sepak bola yang akan keluar ketika pertandingan berjalan semakin seru.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan istilah-istilah dalam sepak bola dan artinya yang kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Istilah-istilah dalam Sepak Bola

Kick Off

Kick off sering digunakan untuk menandakan dimulainya suatu pertandingan sepak bola. Kick off merupakan tendangan pertama yang dilakukan  untuk memulai jalannya pertandingan.

Tendangan kick off biasa dilakukan untuk mengawali babak pertama dan kedua serta setelah terjadinya gol.

Goal Kick/Tendangan Gawang

Goal kick adalah tendangan gawang yang diberikan kepada tim bertahan ketika bola melewati garis gawang karena sentuhan dari tim penyerang, atau tim lawan.

Tendangan ini bisa diambil oleh pemain mana pun meskipun biasanya dieksekusi oleh penjaga gawang.

Corner Kick/Tendangan Sudut

Corner kick atau tendangan sudut adalah tendangan yang dilakukan melalui salah satu sudut lapangan dalam pertandingan, yang diberikan kepada tim lawan pada saat bola meninggalkan area permainan setelah terjadi kontak terakhir pada pemain lawan.

Tendangan sudut berhubungan dengan garis batas gawang dimana garis tersebut merupakan garis yang terletak di belakang gawang. Bola yang dimainkan oleh pemain sepak bola keluar dari garis tersebut bisa disebabkan oleh tangkisan kiper.

Free Kick/Tendangan Bebas

Tendangan bebas atau Free kick adalah tendangan yang didapat saat salah satu anggota tim lawan melakukan pelanggaran diluar kotak penalti. Tendangan bebas menjadi sebuah kesempatan untuk bisa mencetak gol.

Ada 4 jenis tendangan bebas, yakni tendangan bebas jarak jauh, tendangan bebas jarak dekat, tendangan bebas langsung, dan tendangan bebas tidak langsung.

Penalty Kick/Tendangan Penalti

Penalty kick atau tendangan penalti terjadi ketika seorang pemain lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak penaltinya sendiri. Dalam tendangan penalti, seorang penendang akan menembak bola yang diletakkan di titik putih ke arah gawang yang hanya dijaga oleh kiper lawan. Pemain lain harus berada di luar kotak penalti.

Throw In/Lemparan ke dalam

Throw in atau lemparan ke dalam terjadi ketika bola melewati garis samping lapangan.

Tim yang berhak mendapatkan lemparan ke dalam adalah tim yang tidak melakukan kontak dengan bola terakhir sebelum melewati garis. Tim yang mengambil lemparan harus melempar pada posisi bola melewati garis.

Offside

Offside adalah salah satu aturan penting yang meskipun terdengar sederhana, tetapi bisa membingungkan. Aturan ini dibuat agar sepak bola dimainkan menggunakan taktik dan gerakan yang cerdas, bukan membiarkan satu atau dua orang penyerang berdiam diri di dekat gawang lawan dan dengan pasif menunggu bola datang.

Seorang pemain dinyatakan offside jika berada di belakang pemain bertahan terakhir saat bola dioperkan ke arahnya oleh salah satu teman satu timnya.

Peraturan offside tidak berlaku pada lemparan ke dalam, tendangan sudut, dan tendangan ke arah gawang.

Injury Time

Wasit memberikan injury time di setiap penghujung babak sebagai pengganti waktu yang terbuang jika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan. Istilah injury time berarti tambahan waktu di penghujung babak.

Half Time

Istilah ini sering digunakan untuk menandakan adanya jeda sebelum memasuki babak kedua. Biasanya half time berlangsung selama 15 menit dan dimanfaatkan untuk istirahat bagi para pemain.

Full Time

Full time adalah akhir dari sebuah pertandingan atau waktu pertandingan telah habis.

Extra Time

Extra time atau babak perpanjangan waktu adalah istilah yang digunakan untuk durasi tambahan 2x15 menit di fase gugur setelah hasil imbang dalam dua babak.

Diving

Diving adalah istilah untuk tindakan pemain yang berlebihan atau berpura-pura dilanggar oleh pemain tim lawan.

Substitution

Substitution atau disebut juga dengan pergantian pemain. Dalam pertandingan resmi, jumlah pergantian pemain biasanya dibatasi hingga 3 kali untuk masing-masing tim.

Foul

Foul adalah istilah pelanggaran yang dilakukan pemain baik disengaja maupun tidak.

Handsball

Handsball adalah istilah pelanggaran yang dilakukan pemain (selain kiper) yang menyentuh bola dengan tangan.

Kartu Kuning

Kartu kuning adalah peringatan yang diberikan wasit karena pemain tersebut melakukan pelanggaran seperti perselisihan atau mencederai lawan secara sengaja atau tidak sengaja terhadap pemain lain.

Kartu Merah

Kartu merah adalah peringatan yang berikan wasit kepada pemain karena melakukan pelanggaran fatal. Kartu merah juga bisa diberikan setelah pemain mendapat kartu kuning dua kali.

Pemain yang mendapatkan kartu merah akan keluar dari lapangan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Hattrick

Hattrick adalah istilah yang diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

Back Pass

Back pass adalah istilah yang diberikan kepada operan yang dilakukan pemain menuju kiper atau gawangnya sendiri. Ini merupakan salah satu taktik yang digunakan untuk mengontrol tempo pertandingan ataupun memulai serangan.

Counter Attack

Counter attack adalah istilah untuk serangan balik. Biasanya dilakukan setelah tim dalam keadaan tertekan kemudian mendapatkan bola dan melakukan serangan cepat ke arah gawang lawan.

Assist

Assist adalah umpan yang diberikan kepada pemain untuk mencetak gol. Umpan akan dianggap sebagai assist bila bola dari pengumpan langsung ditendang dan menjadi gol.

Own Goal

Own Goal (OG) adalah istilah yang diberikan kepada gol yang diciptakan oleh pemain ke gawang sendiri. Gol ini juga biasa disebut pula dengan gol bunuh diri.

Starting Eleven

Starting eleven adalah sebutan untuk sebelas pemain yang dimainkan sejak awal pertandingan.

Clean Sheets

Clean Sheets adalah istilah dalam sepak bola yang diberikan kepada penjaga gawang yang tidak kemasukan bola dalam satu atau beberapa pertandingan.

Agregat

Agregat adalah istilah dalam sepak bola untuk skor akhir dari pertandingan yang berlangsung dengan sistem kandang dan tandang.

Scudetto

Scudetto adalah istilah untuk gelar juara yang diberikan kepada klub Italia yang berhasil menjuarai Serie A.

Top Scorer

Top scorer atau top skor adalah istilah yang diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi atau liga.

Treble Winner

Treble winner adalah istilah dalam sepak bola untuk klub yang berhasil memenangkan tiga kompetisi atau kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi.

Derby

Derby adalah istilah dalam sepak bola yang mempertemukan dua klub yang memiliki jejak pertandingan yang menarik atau penuh gengsi. Contohnya adalah Derby Manchester yang mempertemukan Manchester City vs Manchester United, selain itu ada Derby El Clasico laga antara Barcelona vs Real Madrid.

Tiki-Taka

Tiki-taka adalah istilah dalam sepak bola yang berfokus kepada permainan operan cepat. Tim yang sukses menggunakan tiki-taka adalah Barcelona di bawah pimpinan Pep Guardiola.

Parkir Bus

Parkir bus adalah strategi menumpuk pemain di area bertahan dan biasanya hanya menyisakan satu orang pemain saja di lini depan.

Gegenpress

Gegenpress adalah istilah strategi dalam sepak bola yang melakukan tekanan terhadap pemain lawan ketika kehilangan bola atau bola berhasil direbut lawan.

Total Football

Total football adalah istilah dalam sepak bola yang merujuk kepada permainan atau strategi penguasaan bola. Total football terkenal dengan sistem permainan sepak bola Timnas Belanda.

One Club Man

One club man adalah istilah untuk pemain yang hanya pernah membela satu tim yang sama sepanjang kariernya.

Playmaker

Playmaker adalah istilah dalam sepak bola untuk pemain yang menentukan alur serangan dan memberikan umpan akurat yang dapat menghasilkan gol.

Man of the Match

Man of the match adalah istilah untuk pemain terbaik atau dengan penampilan terbaik dalam satu pertandingan.

12th Man

12th man adalah istilah dalam sepak bola untuk pemain kedua belas. Ini biasanya merujuk kepada suporter atau pendukung yang memberikan pengaruh kepada tim yang bertanding.

Nah, itulah beberapa istilah-istilah dalam sepak bola yang sering kita dengarkan. Semoga bermanfaat.

Tag : #istilah dalam sepak bola    #pengertian istilah dalam sepak bola    #sepakbola    #fifa    #pssi    #uefa    #tiki-taka   

Baca Juga