Instagram Rilis Fitur Quiet Mode, Ini Fungsinya

Wanovy | Teknologi | 21-01-2023

Instagram rilis fitur Quiet mode, foto: engadget.com

PARBOABOA - Dalam update terbaru, Instagram memperkenalkan sejumlah fitur yang menarik. Salah satu di antaranya adalah fitur Quiet Mode. Terkait dengan notifikasi di aplikasi, apa fungsi fitur Quiet Mode di Instagram?

Instagram mengklaim kehadiran fitur Quiet Mode untuk memberikan kontrol pada pengguna aplikasi media sosial tersebut. Dengan fitur ini, pengguna kini dapat mengatur notifikasi yang diterima di aplikasi.

Jika tidak ingin diganggu karena notifikasi yang terus muncul, pengguna bisa mengatur fitur Quiet Mode ini. Saat aktif, pengguna tidak akan menerima notifikasi apapun dari Instagram. Notifikasi baru akan muncul usai fitur ini dimatikan.

Selain itu, Meta, induk Instagram, juga menyarankan pengguna remaja untuk mengaktifkan Quiet Mode saat mereka sudah menghabiskan waktu tertentu di platform itu saat larut malam.

"Hari ini, kami meluncurkan Quiet Mode di Instagram untuk membantu orang fokus dan mendorong orang menetapkan batasan dengan teman dan pengikut mereka," kata Meta dalam pengumumannya.

Dalam keterangan di laman resminya, dikutip Jumat (20/1/2023), Meta mengatakan, setelah Quiet Mode diaktifkan, pengguna tidak akan menerima pemberitahuan apapun.

Selain itu, status aktivitas profil juga akan berubah, untuk memberi tahu orang-orang, dan Instagram akan secara otomatis mengirimka balasan otomatis, saat seseorang mengirimkan Direct Message (DM).

Pengguna juga bisa mengatur waktu Quiet Mode agar sesuai dengan jadwalnya. Setelah fitur dimatikan, Instagram akan memberikan ringkasan notifikasi singkat mengenai apa saja yang dilewatkan selama mode diam dinyalakan.

"Siapa pun dapat menggunakan Quiet Mode, tetapi kami akan meminta remaja untuk melakukannya saat mereka menghabiskan waktu tertentu di Instagram pada larut malam," tulis Meta.

Selain fitur Quiet Mode, Instagram juga merilis beberapa fitur untuk membantu pengguna mengontrol konten yang mereka lihat. Pengguna kini bisa menyembunyikan beberapa konten sekaligus di tab Explore yang dianggap tidak menarik.

Instagram juga akan berusaha untuk tidak menampilkan konten yang sudah ditandai sebagai tidak menarik di tempat lain, seperti Reels, Search, dan lain-lain, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (20/1/2023).

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan kata, hashtag, atau emoji yang ingin dihindari. Instagram akan berusaha untuk tidak merekomendasikan konten dengan caption yang berisi kata atau hashtag tersebut.

Tag : #instagram    #quiet mode    #teknologi    #apps    #fitur ig   

Baca Juga