Ilustrasi, foto: NextPit

Induk Perusahaan TikTok Serius Kembangkan Headset VR

Wanovy | Teknologi | 26-09-2022

PARBOABOA - Induk perusahaan TikTok, Bytedance tampaknya makin serius untuk memasuki bisnis virtual reality (VR).

Menurut laporan Protocol, sebuah sumber dekat TikTok mengungkapkan Bytecande berencana untuk menginvestasikan lebih banyak uang untuk mengembangkan konten-konten terkait VR.

Sebagian besar dana investasi akan digunakan paling banyak untuk merekrut karyawan baru. Protocol mengungkapkan ada lebih dari 40 lowongan pekerjaan yang akan dibuka untuk Pico.

Pico adalah pembuat headset VR yang diakuisisi oleh Bytedance pada tahun lalu. Dari sebagian besar lowongan yang dibuka, paling banyak adalah untuk cabang Pico Studio di California, AS. Pekerjaan yang dibuka mulai dari kepala strategi VR game hingga manager operasional game.

Headset VR tersebut merupakan suksesor dari Pico Neo 3 Link dan konon disiapkan untuk bersaing dengan headset VR buatan induk Facebook, Meta, yaitu Oculus Quest 2.

Sama seperti Oculus Quest 2, Pico 4 kompak ditenagai dengan prosesor Snapdragon XR2. Namun, besar RAM yang diusung headset VR tersebut lebih besar dengan 8 GB, alih-alih 6 GB, dengan dua opsi media penyimpanan 128 GB atau 256 GB.

Untuk aspek pengalaman, Pico 4 juga diklaim bisa menawarkan resolusi gambar via LCD hingga 2.160 x 2.160 piksel per mata, lebih mumpuni dibanding Oculus Quest 2 yang memiliki resolusi mentok di angka 1.832 x 1.920 piksel per mata.

Karena disebut bakal berkompetisi langsung dengan Oculus Quest 2, Pico 4 juga dibekali dengan beberapa fitur pendukung yang identik.

Di antaranya seperti fitur pusat kebugaran Fitness Center, dunia virtual Pico Worlds (mirip Horizon di Meta) yang akan meluncur 2023 nanti, hingga fitur pendeteksi gerakan tangan (hand tracking) yang bakal hadir melalui pembaruan.

Untuk aspek konektivitas, Pico 4 juga bisa disambungkan dengan komputer (PC) melalui Steam VR, serta smartphone melalui aplikasi Pico.

Karena Bytedance juga memiliki TikTok, maka Pico 4 juga bakal bisa digunakan untuk menonton video dari media sosial berbasis video itu langsung dari headset VR teranyar Pico ini.

Pico juga membuka posisi untuk kepala consumer sales sebagai indikator bahwa Pico ingin membangun bisnisnya di Amerika Serikat.

Uraian pekerjaan untuk jabatan ini dijelaskan bahwa kandidat nantinya akan bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran produk Pico secara keseluruhan di pasar AS.

Tag : #tiktok    #pico    #teknologi    #apps    #headset vr    #bytedance   

Baca Juga