Pemerintah bakal larang ekspor komoditas mentah seperti bauksit, timah dan tembaga (Foto: Kompas)

Bangun Hilirisasi, Indonesia Bakal Larang Ekspor Bauksit, Timah, dan Tembaga

Dimas | Ekonomi | 06-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Indonesia berencana mengeluarkan aturan baru terkait pelarangan ekspor sejumlah komoditas mentah seperti bauksit, timah, dan tembaga.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pelarangan ekspor timah rencananya dilakukan pada tahun ini. Lalu dilanjutkan dengan pelarangan ekspor bauksit dan tembaga.

"Tahun depan, bauksit, ke depannya lagi, tembaga," ujar Jokowi dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (6/10).

Kebijakan baru tersebut dilakukan guna membangun hilirisan di Indonesia. Sebab, seluruh bahan mentah seperti bauksit, timah dan tembaga akan di olah secara mandiri di dalam negeri.

Nantinya, jika hasil olahan tersebut di ekspor ke luar negeri, maka akan ada nilai tambah dibandingkan dengan hanya mengekspor saat masih mentah. Dengan begitu, harga jualnya akan menjadi lebih tinggi.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri investasi, Bhalil lahadalia sebelumnya juga pernah mengatakan bahwa pihaknya bakal melarang ekspor bauksit dan timah untuk tahun ini.

"Tahun ini kemungkinan besar bauksit kami larang ekspor. Kami ingin ada hilirisasi di sini, tahun depan atau bahkan tahun ini juga timah pun kita dilarang ekspornya," ujar Bahlil dalam konferensi pers pada April lalu.

Tag : #joko widodo    #ekspor    #ekonomi    #bauksit    #timah    #tembaga    #bhalil lahadalia   

Baca Juga