BTS (Foto: Instagram/@bts.bighitofficial)

HYBE Entertainment Buka Suara Jawab Soal Biaya Konser BTS yang Dianggap Tidak Masuk Akal

Anna Aritonang | Hiburan | 23-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - BTS rencananya bakal mengadakan konser gratis pada tanggal 15 Oktober 2022 di Stadion Utama Asiad Busan dalam rangka mendukung pemerintah Korea yang akan menjadi tuan rumah pada Busan World Expo 2030.

"BTS juga akan tampil di konser tanpa bayaran, sehingga dapat memberikan pertunjukkan gratis kepada para penggemar," tulis pernyataan HYBE Entertainment selaku pihak agensi yang menaungi BTS, dikutip dalam keterangannya, Kamis (22/09/2022).

Kendati demikian, pengadaan konser gratis tersebut diterpa rumor permasalahan mengenai peraturan konser yang dinilai kurang efektif sebelumnya, selain itu muncul isu tidak sedap perihal biaya konser yang dianggap tidak masuk akal.

Konser BTS menjadi perbincangan usai digadang-gadang telah menghabiskan biaya hingga sekitar 7 miliar won atau sekitar Rp75 miliar untuk menggelar konser BTS Yet to Come in Busan.

HYBE Entertainment juga menegaskan bahwa BTS tidak menerima bayaran dari penampilannya dalam konser tersebut. Sebagian besar biaya didanai oleh sponsor perusahaan, iklan streaming online, anak perusahaan THE CITY, dan masih banyak lagi.

Pihaknya juga menjelaskan, jika besaran biaya tersebut paling banyak dikucurkan ke lokasi yang digunakan untuk pergelaran konser di Stadion Utama Asiad Busan yang menampung kapasitas 50 ribu orang dan juga akan diisi dengan panggung serta peralatan berkualitas tinggi.

"Diperkirakan biaya yang cukup besar juga akan diperlukan untuk menyediakan streaming online di seluruh dunia secara gratis. Total biaya akan jauh lebih tinggi daripada informasi kepada publik," jelas HYBE.

Pihak HYBE juga mengaku selalu berhati-hati dalam mempertimbangkan dukungan yang diberikan pemerintah Korea karena menyadari biaya yang digunakan merupakan uang pajak negara.

"Begitu pula dengan konser Busan ini. pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan panitia telah melakukan yang terbaik untuk mendukung konser ini dengan menyediakan gedung konser serta membiayai konser dengan anggaran terbatas," jelas HYBE.

Tag : #bts    #hybe entertainment    #hiburan    #konser bts    #bts yet to come in busan    #busan    #busan world expo 2030   

Baca Juga