Hotel angker di Jogja, foto: Travelinfo

7 Hotel Angker di Jogja yang Terkenal Paling Menyeramkan, Berani Coba?

Wanovy | Travel | 14-10-2022

PARBOABOA, Yogyakarta - Fenomena hantu memang menjadi sebuah kisah yang cukup kontroversial di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Walau awalnya mengaku takut, tapi ketika seseorang menceritakan kisah mistis, pasti semuanya tetap mau curi-curi dengar.

Penasaran. Siapa peduli walau setelahnya kencing pun minta ditemani. Walau bagaimanapun, bercerita tentang hantu hingga kini tetap menjadi kegiatan yang selalu asik untuk dibahas.

Di balik eksotisme destinasi wisata di Kota Yogyakarta, ternyata tersimpan cerita menyeramkan di balik beberapa bangunan hotel yang berdiri di Kota Pelajar tersebut.

Yogyakarta terkenal akan kotanya yang cantik dan menawan. Hal tersebut juga membuat banyak orang senang berwisata ke kota yang satu ini.

Banyak wisatawan biasanya akan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Malioboro, Keraton Yogyakarta, atau Candi Borobudur dan Prambanan.

Banyaknya wisatawan juga membuat kota yang satu ini dipenuhi oleh hotel tempat para wisatawan menginap.

Tapi, apakah kamu tahu beberapa hotel di Yogyakarta terkenal angker dan menjadi hunian banyak makhluk halus?

Penasaran hotel mana saja yang terkenal angker di Yogyakarta? Melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa hotel angker di Jogja yang terkenal menyeramkan!

1. Hotel Inna Grand Malioboro

Inna Grand Malioboro terletak di kawasan Malioboro. Hotel ini sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda, tahun 1908, yang pada saat itu masih bernama Grand Hotel Djokdja atau Jogja Hotel.

Hotel yang sudah tujuh kali berganti nama ini, kabarnya menyimpan misteri pada beberapa kamar. 911 dan 912 disebut-sebut sebagai kamar yang cukup membuat bulu kuduk merinding.

Kabarnya, para tamu sering melihat pintu dari dua kamar tersebut terbuka dan tertutup sendiri.

Bukan hanya itu, di dalam kamar tersebut juga kerap terdengar suara-suara aneh dan juga suara orang sedang mengobrol. Alhasil, para tamu tidak berani melintas di depan dua kamar tersebut pada tengah malam.

2. Upala Java Huise

Guesthouse di Jalan Plataran, Bantul ini tersembunyi di antara pepohonan hutan Jogja. Sekilas memang agak menyeramkan, namun menginap di sini akan membuat siapapun jadi bahagia.

Bagaimana tidak, Upala Java Huise memiliki suasana alam asri dan dikelilingi hutan sejuk ala pedesaan dengan pemandangan indah.

Desain arsitekturnya mengadopsi gaya khas dari rumah-rumah tradisional Jawa yang berbahan kayu.

3. Rumah Senjakala Jogja

Masih berada di Bantul, homestay ini terletak cukup jauh dari pusat Jogja. Namun, ini justru membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat atau refreshing.

Keistimewaan lain dari Rumah Senjakala yaitu dikelilingi oleh hutan hijau. Homestay ini memadukan arsitektur modern dan abad pertengahan. Memiliki dua kamar dengan kapasitas dua orang, dan satu kamar besar berkapasitas empat orang.

4. Hotel Royal Ambarrukmo

Hotel Royal Ambarrukmo juga termasuk jajaran hotel lawas. Dibangun pada tahun 1964, hotel ini dulunya adalah pesanggrahan bagi penghuni keraton.

Tidak banyak terdapat cerita horor, namun kabarnya hotel yang memiliki kesan kuno ini punya satu khusus dibiarkan kosong bernama Kamar Biru untuk ratu pantai selatan yakni Nyi Roro Kidul. Kamar tersebut hingga saat ini pun masih ada.

5. Villa Kaliurang

Tempat penginapan atau villa yang terkenal cukup horor di Yogyakarta adalah Villa Kaliurang.

Siapa yang menyangka tempat seindah ini ternyata banyak makhluk halusnya, Sesuai dengan namanya, tempat ini berada di kawasan Kaliurang, Yogyakarta dan menyimpan cerita horor yang menyeramkan.

Berawal pada tahun 2008, rombongan pelajar sekolah SMP dari Jakarta mengikuti study tour dan bermalam di penginapan yang bernama Villa Kaliurang.

Seorang pelajar SMP tersebut mengalami sebuah kejadian janggal ketika ia memasuki kamar.

Ruangan kamar yang awalnya biasa, tiba-tiba suasana kamar berubah menjadi kamar tahun 1970-an, sungguh menyeramkan bukan?

6. The Phoenix Hotel

The Phoenix Hotel dibangun sejak tahun 1918 dan merupakan salah satu hotel tertua di Yogyakarta.

Suasana hotel ini dibuat layaknya hotel pada zaman kolonial lama, dengan dekorasi retro dan barang-barang vintage di dalamnya.

Bangunan tua dan barang-barang antik pada hotel yang satu ini juga membuat suasana hotel terasa sangat angker.

Namun, hal tersebut tidak menurunkan minat para wisatawan untuk bermalam di hotel yang satu ini. Di hotel ini juga kita diajak kembali ke suasana menjadi Ir. Soekarno lho.

Nah jadi gimana, kalian takut atau malah penasaran untuk menginap di hotel atau villa tersebut? kalo aku sih penasaran ya sama suasana seramnyaa.

7. Hotel di Area Umbulharjo, Yogyakarta

Hotel yang satu ini tidak disebutkan namanya, tapi konon berada di area Umbulharjo, Yogyakarta.

Seorang ketua yayasan salah satu SMP di Tangerang pernah mengunjungi hotel ini dan mengalami kejadian mistis.

Ketika memasuki kamarnya di area lantai 2, beliau merasakan kehadiran sosok makhluk halus dan penampakan makhluk halus di sekitar hotel.

Banyak orang mengatakan makhluk halus tersebut berasal dari bangunan tua yang letaknya tak jauh dari hotel tersebut.

Semua kisah di atas tidak dapat dipastikan kebenarannya dan mungkin hanya mitos atau urban legend yang sudah menyebar luas.

Terlepas dari mitos horornya, setiap hotel juga memiliki keunikan dan eksotismenya tersendiri yang menarik untuk dijelajahi. Jadi, berani untuk menginap di hotel yang mana?

Tag : #wisata jogja    #Yogyakarta    #travel    #hotel    #horror    #hotel angker    #penginapan jogja    #jawa tengah   

Baca Juga