Ilustrasi mie instan (Foto: Freepik/@jcomp)

Hong Kong Tarik Peredaran Mie Sedaap Diduga Ada Kandungan Pestisida

Maharani | Internasional | 29-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Produk makanan asal Indonesia kembali ditarik dari peredaran di luar negeri. Jika sebelumnya Singapura yang menarik dua produk Indonesia, yaitu Kecap Manis dan Saos Sambal Ayam Goreng ABC, kini giliran Hong Kong yang menarik salah satu mie instan populer asal Indonesia.

Centre for Food Safety (CFS) Hong Kong merilis informasi adanya kandungan pestisida pada produk Mie Sedaap Rasa Korean Spicy Chicken.

Mengutip keterangan resmi dari CFS, terdapat kandungan bahan kimia pestisida, etilen oksida (ethylene oxide), pada sampel pengujian. CFS menarik peredaran produk dari pasar serta menganjurkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi atau menjual produk yang didistribusikan oleh agen tunggal Golden Long Food Trading Ltd dan pengecer PARKnSHOP (HK) tersebut.

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu, dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," tulis keterangan tersebut, Selasa (27/09/2022).

Lebih lanjut, CFS menyatakan telah memberi tahu kepada vendor yang bersangkutan untuk menghentikan penjualan produk tersebut. Pihak pengecer pun telah memulai penarikan kembali batch produk yang terpengaruh.

“Pengecer yang bersangkutan mulai menarik kembali produk yang terpengaruh, masyarakat dapat menghubungi hotline di nomor 2606 8658 selama jam kerja untuk pertanyaan tentang penarikan produk yang bersangkutan,” lanjut CFS.

CFS juga mengimbau masyarakat Hong Kong untuk tidak mengkonsumsi produk Mie Sedaap yang terkena pestisida walaupun sudah terlanjur membelinya. CFS akan terus menindaklanjuti insiden tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai.

Sementara itu, dilansir dari detikfinance, Media Relations Executive Wings Group Indonesia, Andini Mardiani mengatakan pihaknya akan mengonfirmasi hal ini terlebih dahulu.

Tag : #hong kong    #tarik peredaran mie sedap    #internasional    #kandungan pestisida    #mie sedaap rasa korean spicy chicken   

Baca Juga