Ilustrasi

Heboh Narasi Jaringan Internet Akan Mati 24-30 September 2021, Benarkah ?

Wanovy | Teknologi | 25-09-2021

Belum lama ini beredar narasi yang menyebutkan, layanan internet berbagai provider akan mati pada 24-30 September 2021. Informasi ini beredar di media sosial TikTok, Facebook hingga aplikasi berbagi pesan WhatsApp. Informasi ini tidak benar.

Dalam narasi tersebut dijelaskan bahwa jaringan internet dari beberapa provider akan mati total akibat adanya perbaaikan kabel. Berikut adalah narasi lengkapnya:

"Mulai tanggal (24-30) jaringan internet akan mati total di seluruh Indonesia, jaringan Indosat, Telkomsel, Axis dll dan bahkan jaringan seluler biasa pun akan mati total karena adanya perbaikan kabel internet di bawah laut pengumuman ini berlaku di setiap kecamatan / provinsi masing-masing dan di sosial media, selamat menikmati tanpa jaringan apa pun," demikian narasi yang disampaikan oleh sebuah akun TikTok.

Lantas benarkah narasi tersebut?

Berdasarkan konfirmasi yang dikutip dari Kompas.com, informasi yang menyebut matinya seluruh jaringan internet pada 24-30 September 2021 adalah tidak benar.

“Berkaitan dengan kabar bahwa layanan internet akan mati total pada 24-30 September 2021, maka dapat kami sampaikan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. Indosat Ooredoo berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dan pengalaman telekomunikasi digital terbaik kepada pelanggan,” ujar Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/9/2021).

Dapat disimpulkan, bahwa narasi yang menyebut bahwa jaringan internet akan mati pada tanggal 24-30 September tidaklah benar. Narasi tersebut merupaka hoaks dan telah dipastikan oleh pihak-pihak terkit.

Dua provider internet besar di Indonesia yakni Telkom dan Indosat mengaku masih beroperasi seperti biasa.

Pihak yang berwenang dari dua perusahaan tersebut dengan tegas menyatakan narasi yang beredar di Tiktok dan Facebook tentang matinya jaringan internet selama 6 hari adalah hoaks.

Sampai saat ini Jumat (24/9/2021) jaringan internet dari beberapa provider besar seperti Indosat, Telkomsel, dan XL pun terpantau masih bisa digunakan seperti biasa.

Sementara itu,  PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) juga menyapaikan bahwa kabar tersebut hoaks. Lewat laman resminya, pihak PT LTI menyebut tidak benar. "PT LTI menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar," jelas Agri Suramanggala, Humas & Perencanaan Perusahaan PT LTI.

Dilansir dari laman tersebut, diketahui bahwa perbaikan kabel laut memang akan dikerjakan di Link Ondong Siau- Tahuna. Namun dapat dipastikan tidak akan menyebabkan jaringan mati total, karena operator sudah menyatakan komitmennya untuk memberikan backup layanan, sehingga layanan internet tetap tersedia selama proses perbaikan.

Perbaikan kabel laut diestimasikan akan dilaksanakan pada 23 September hingga 30 September 2021. Namun sekali lagi ditekankan bahwa selama perbaikan layanan internet akan tetap tersedia.

Perlu diingatkan lagi, berdasarkan pemaparan fakta di atas, narasi yang menyebut bahwa jaringan internet akan mati pada tanggal 24-30 Sepetember 2021 tidaklah benar atau hoaks.

Tag : teknologi, jaringan, internet, telekomunikasi

Berita Terkait