Andre Silva mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 RB Leipzig kontra Celtic (Foto: Reuters)

Hasil Liga Champions 2022/2023 Matchday Ke-3 Grup F: RB Leipzig 3-1 Celtic

Michael | Sepakbola | 06-10-2022

PARBOABOA – RB Leipzig tetap menang besar pada pekan ke-3 Grup F Liga Champions di samping adanya dua gol yang dianulir oleh VAR. Leipzig menang dengan skor 3-1 atas Celtic di Red Bull Arena, Kamis (6/10) dini hari WIB.

Leipzig lebih dulu membuka keunggulan lewat Christopher Nkunku di menit ke-27. Sebelumnya di menit ke-18, Nkuku mencetak gol yang dianulir oleh VAR.

Celtic menyamakan kedudukan di menit ke-47 melalui Jota. Namun, leipzig kembali menjauh lewat dua gol Andre Silva masing-masing di menit ke-63 dan 76’. Silva sempat mencetak gol di menit ke-61, namun dianulir oleh VAR.

Kemenangan ini mengangkat Leipzig dari dasar klasemen setelah di dua laga sebelumnya menelan kekalahan. Leipzig bertukar tempat dengan Celtic yang kini berada di juru kunci dengan baru mencetak satu poin.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan 13 menit, Leipzig sudah harus melakukan pergantian pemain. Kiper utama Peter Gulacsi cedera gara-gara salah tumpuan saat memberikan umpan. Janis Blaswich masuk menggantikannya.

Celtic sejak awal laga mengambil inisiatif penguasaan bola sejak awal. Tim tamu juga lebih percaya diri melakukan high pressing. Namun kelemahan Celtic ada pada blok pertahanan tinggi yang kerap kali diekspos.

Sebaliknya, Leipzig yang memilih bermain langsung ke depan. Die Bullen sukses melewati tekanan dari Celtic, meski kerap kali kesulitan. Namun, Leipzig justru mudah melewati garis terakhir pertahanan lawan.

Leipzig akhirnya bisa memanfaatkan blok tinggi itu di menit ke-18 melalui Christopher Nkunku. Ia dengan tenang menyungkil bola melewati kiper Joe Hart. Namun selepas itu, VAR menganulir golnya karena Nkunku sudah berada dalam posisi offside.

Celtic punya peluang ganda di menit ke 25 dan 26. Namun, kedua peluang itu diamankan dengan solid oleh kiper Blaswich. Peluang pertama datang dari sundulan Kyogo Furuhashi, kemudian Moritz Jenz melakukan percobaan lewat tendangan mendatar.

Nkunku akhirnya bisa menjebol gawang Celtic lagi di menit ke-27, kali ini tidak dianulir oleh VAR. Prosesnya masih sama, yaitu melalui serangan balik usai menerima umpan matang dari Andre Silva.

Intensitas pertandingan sempat turun setelahnya. Namun jelang babak pertama akan berakhir, Leipzig justru menaikkan intensitas. Ada setidaknya tiga peluang yang semuanya masih belum mampu jadi gol.

Celtic langsung menggebrak saat babak kedua baru berjalan dua menit. Jota sukses membuat skor jadi sama, setelah mengeksekusi umpan matang dari Furushasi.

Leipzig nyaris membalikkan keadaan di menit ke-57. Permainan kombinasi antara dua tiga pemain dengan umpan-umpan pendek membuat Dominik Szoboszlai punya peluang menembak dari jarak dekat. Sayang, tendangannya masih membentur mistar.

Szoboszlai berhasil mengatasi rasa penasarannya saat mencetak gol di menit ke-61 dari luar kotak penalti. Namun, VAR menganulirnya karena posisi Andre Silva yang ada di jalur tembakan bola berada di posisi offside. Meski tidak langsung mengenai badan, wasit menganggap ia meghalangi pandangan kiper Hart.

Namun dua menit berselang, Leipzig mencetak gol lagi. Kali ini tidak dianulir VAR. Kesalahan umpan Hart saat bangun serangan langsung dihukum dengan gol dari Silva. Ia mendapatkan umpan dari Szoboszlai.

Silva sukses mencetak gol keduanya di menit ke-76. Lagi-lagi dalam transisi positif yang cepat, Nkunku mengakses Simakan yang berlari dari sisi kanan. Lewat satu sentuhan, Simakan berhasil mengakses Silva di depan gawang.

Leipzig kembali punya peluang mencetak gol di menit ke-89. Emil Forsberg mendapatkan umpan silang mendatar yang berhasil diarahkan ke gawang. Namun, Hart berada tepat di arah tembakan sehingga dengan mudah diselamatkan.

Peluang dari Forsberg menjadi peluang terakhir berbahaya yang tercipta di pertandingan ini.

Susunan Pemain RB Leipzig vs Celtic

  • RB Leipzig (4-2-3-1): Peter Gulacsi (Janis Blaswich 13’); Mohamed Simakan, Willi Orban, Josko Gvardiol, David Raum (Marcel Halstenberg 81’); Kevin Kampl (Amadou Haidara 71’), Xaver Schlager; Dominik Szoboszlai (Yussuf Poulsen 82’), Christopher Nkunku, Timo Werner (Emil Forsberg 71’); Andre Silva.
  • Pelatih: Marco Rose
  • Celtic (4-3-3): Joe Hart; Josip Juranovic, Stephen Welsh, Moritz Jenz, Greg Taylor; Matt O'Riley (Sead Haksabanovic 75’), Callum McGregor (Oliver Abildgaard 37’), Reo Hatate (James McCarthy 82’); Daizen Maeda (James Forrest 75’), Jota, Kyogo Furuhashi (Georgios Giakoumakis 82’).
  • Pelatih: Ange Postecoglou
Tag : #hasil liga champions    #liga champions    #sepakbola    #rb leizpig    #celtic   

Baca Juga