Kumpulan hantu paling seram di dunia dengan wujud yang mengerikan (Foto: Pexels)

8 Hantu Paling Seram di Dunia Dengan Segudang Kisah Mengerikan

Andre | Hiburan | 09-06-2022

PARBOABOA - Hingga saat ini keberadaan hantu masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Sebagian tidak mempercayainya, namun beberapa orang mengaku memiliki pengalaman melihatnya secara langsung.

Gagasan adanya makluk lain selain manusia pada akhirnya melahirkan cerita rakyat yang menceritakan tentang eksistensi hantu di suatu tempat atupun daerah.

Tidak hanya orang Indonesia, namun hampir seluruh budaya di seluruh dunia mempercayai adanya makhluk lain yang hidup berdampingan dengan manusia.

Terdapat banyak sekali rupa dan jenis hantu atau makhluk halus di setiap negara, termasuk di Indonesia, yang mana masyarakat mengenal kuntilanak, pocong, genderuwo, suster ngesot, tuyul, kuyang, dan lain sebagainya.

Masih banyak misteri yang belum bisa dijelaskan tentang mengapa di tiap negara memiliki hantu yang berbeda-beda. Misalnya seperti, tidak adanya pocong dan kuntilanak di Amerika,  tidak adanya Vampir di Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Di sisi lain, para ahli masih kesulitan mengevaluasi hantu secara ilmiah. Meskipun banyak pendapat yang mengatakan bahwa hantu itu muncul dari pikiran manusia yang diproyeksikan atas rasa takut, lalu bagaimana bisa kamera menangkap berbagai penampakan hantu dengan bentuk yang bermacam-macam? Apakah kamera bisa berpikir?

Tidak hanya bentuknya yang beragam, namun kebanyakan penampakan makhluk halus juga memiliki postur tubuh mirip seperti manusia tetapi dengan wajah yang menyeramkan.

Semakin seram wujud hantu, maka semakin mengerikan pula kisah tentangnya. Untuk itu, kali ini Parboaboa menyajikan deretan hantu paling seram di dunia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Baba Yaga - Slavia

Baba Yaga adalah makhluk supernatural bangsa Slavia yang divisualkan sebagai sosok hantu perempuan tua jahat yang memiliki kaki seperti ayam dan bisa terbang.

Berdasarkan urban legenda yang ada, Baba Yaga dikatakan memiliki karakter ambigu antara kebaikan dan kejahatan. Baba Yaga ini dikenal dengan sifatnya yang suka menculik anak-anak untuk dimakannya.

Beberapa cerita mengatakan bahwa Baba Yaga tinggal di pedalaman hutan bersama dengan dua atau tiga saudaranya.

Saat ada manusia yang secara tidak sengaja bertemu dengannya, ia bisa menjadi sosok jahat yang memakan manusia atau malah menawarkan bantuan yang diperlukan.

2. Hanako - Jepang

Hantu paling seram di dunia selanjutnya berasal dari daratan Asia, yaitu Jepang. Penggemar horor pasti tau betul kalo Jepang itu punya banyak sekali hantu-hantu menyeramkan. Salah satunya hantu Hanako.

Hanako digambarkan sebagai sesosok gadis berambut pendek yang memakai rok merah dan baju putih dengan bercak darah.

Hantu ini menghuni bilik toilet nomor tiga di lantai tiga sekolah. Asal usul Hanako tidak begitu jelas.

Ada legenda mengatakan kalo Hanako gantung diri di bilik toilet nomor tiga di lantai tiga karena sering di-bully.

Sementara legenda lainnya di wilayah Fukushima menyebut kalau Hanako adalah siswi yang terjatuh dari jendela perpustakaan, dan roh jahatnya menetap di sekolah.

Konon, Hanako tidak hanya ada di satu sekolah, dia bisa saja ada di tiap sekolah. Tapi tinggalnya tetap sama, yaitu di bilik toilet nomor tiga yang ada di lantai tiga. Bahkan perilakunya di tiap sekolah juga berbeda-beda.

Jika ada seorang yang membuka bilik di mana Hanako berada, maka orang itu akan menemukan Hanako sedang melamun di atas toilet dengan tatapan kosong.

Ia bisa menarik orang itu dan menguncinya di toilet bersamanya. Gilanya lagi, ternyata ada saja siswa yang pernah mencoba memanggil Hanako. Jika beruntung, maka dia akan menjawab, "Ya, aku ada di dalam."

3. Kuyang – Indonesia

Kuyang adalah nama hantu yang melegenda di pulau Kalimantan. Kuyang memiliki wujud perempuan dengan rambut panjang, namun bagian tubuhnya tidak lengkap, hanya memiliki kepala dan organ bagian dalam yang bergelantungan.

Tidak hanya wujudnya yang menyeramkan, sifat kuyang pun sangat mengerikan. Soalnya, kuyang digambarkan sebagai hantu yang suka berkeliaran dan suka menghisap darah bekas seorang ibu melahirkan ataupun darah bayi yang baru dilahirkan.

Konon, kuyang berasal dari seorang wanita yang menuntut ilmu hitam untuk mendapatkan kehidupan yang abadi.

Dilansir dari buku berjudul Kumpulan Kisah Nyata Hantu di 13 Kota karya Argo Wikanjati, orang Banjar mencirikan kuyang sebagai seorang perempuan berambut panjang yang jika berjalan di siang hari akan menutupi bekas guratan di lehernya atau menutup bagian kepalanya dengan kain agar tidak terkena sengat matahari.

4. Mae Nak Phra Khanong - Thailand

Hantu paling seram di dunia selanjutnya merupakan legenda dari negara Thailand yang dikenal dengan nama Mae Nak.

Legenda ini bermua dari seorang perempuan bernama Nak menikah dengan laki-laki bernama Mak yang bekerja sebagai tentara. Pasangan itu tinggal di daerah Phra Khanong, Bangkok.

Suatu ketika, Mak harus pergi berdinas dan meninggalkan istrinya yang sedang hamil sendirian di rumah.

Setelah beberapa lama, Mak akhirnya pulang dan mendapati istri dan anaknya yang sudah lahir. Semua berjalan baik dan terlihat normal.

Akan tetapi, ada tetangganya yang memperingatkan jika Mak harus berhati-hati terhadap keluarganya. Bahkan ada yang menyebut jika Nak sebenarnya sudah meninggal. Tapi dia tidak percaya dan menganggap omongan itu kosong belaka.

Sampai suatu ketika, Mak merasa ada yang aneh dengan istrinya. Hingga akhirnya Mak menyadari bahwa yang selama ini bersamanya adalah hantu, bukan istri yang sebenarnya.

Ternyata Nak sudah meninggal dalam kondisi hamil tua saat menanti kepulangan Mak. Setelah itu, Mak kemudian meminta bantuan kepada seorang biksu yang kemudian memasukkan arwah jahat itu ke dalam kendi dan membuangnya ke sungai.

Menurut kepercayaan warga Thailand, seorang wanita yang mati dalam keadaan hamil arwahnya tidak akan tenang dan mengganggu warga di sekitar.

Dalam bahasa Thailand, arwah orang yang meninggal saat hamil disebut "Phi Tai Hong Thong Klom".

5. Mananggal – Filipina

Masih berada di kawasan Asia Tenggara, hantu paling seram di dunia berada di Filipina yang dinamai dengan Mananggal.

Mananggal adalah makhluk mistis yang berasal dari Filipina. Makhluk ini digambarkan sebagai sosok wanita menyeramkan dan menjijikkan serta memiliki sayap seperti kalelawar, banyak taring, mata lebar, hingga kuku yang tajam dan panjang.

Hantu ini hampir mirip dengan kuyang yang sudah di bahas di atas. Mananggal memiliki kemampuan untuk memotong tubuh bagian atas dari bagian bawahnya, hanya saja makhluk ini memiliki sayap. Mananggal dikenal memakan dan menghisap darah manusia.

Makhluk mistis ini sering memangsa ibu hamil yang tengah tertidur di malam hari. Ia menggunakan lidahnya yang panjang untuk menghisap darah ibu dan janinnya, bahkan memakan jantungnya.

Sedangkan ketika memangsa seorang pria, ia akan menggunakan cara dengan menggoda pria hingga mau ikut dengannya. Saat pria lengah, ia akan berubah menjadi mananggal dan memakan perut, hati, dan juga jantung dari korbannya.

Sebagian besar masyarakat Filipina, khususnya di daerah Visaya, mempercayai bahwa garam dan bawang putih yang telah dihancurkan efektif untuk membunuh mananggal.

6. La Ciguapa – Republik Dominika

La Ciguapa adalah sosok hantu perempuan yang mengerikan dengan kaki terbalik. Konon, hantu ini awalnya adalah seorang perempuan yang memiliki kekuatan sihir.

Perempuan mengerikan ini memiliki rambut terurai yang sangat panjang untuk menutupi tubuhnya yang telanjang. Jeritannya melengking seperti anak bayi.

Hantu jahat ini disebut sering memikat pria dengan kemolekan tubuhnya untuk masuk ke hutan. Setelah mereka terpengaruh, maka tak ada lagi jalan keluar dan para pria itu lenyap selamanya.

7. Preta/Pret – Thailand

Hampir mirip dengan Indonesia, harus diakui Thailand juga memiliki berbagai hantu-hantu seram, salah satunya adalah Preta.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Thailand, Preta adalah wujud dari orang-orang jahat ketika mereka mati. Hantu ini dikenal dengan sebutan hantu lapar yang gentayangan dan selalu ingin memakan hal-hal menjijikkan, termasuk daging mereka sendiri.

Preta atau Pret digambarkan sebagai hantu yang memiliki tubuh setinggi pohon palem dengan nafsu makan yang sangat tinggi, namun sayang mulut mereka sangat kecil, sehingga tidak bisa memuaskan kerakusannya.

Konon, Preta memiliki berbagai macam bentuk, tergantung sifat mereka ketika masih hidup. Namun pada umumnya kebanyakan dari mereka memiliki leher panjang, badan yang ceking, lidah yang panjang, lidah panjang dengan perut yang buncit dan tangan yang lebar.

8. El Cuco atau El Viejo del Saco – Chile, Kuba, dan Meksiko

Hantu paling seram di dunia yang terakhir adalah sosok yang suka meneror anak kecil yang merupakan urban legenda di Chile, Kuba, dan Meksiko.

El Cuco (juga dikenal sebagai Coca, Cuca, Cucuy, dan Cucui) adalah monster yang memakan anak kecil dan datang dalam berbagai bentuk.

Kisah El Cuco ini berasal dari Spanyol pada tahun 1910. El Cuco dipercaya sebagai arwah yang bergentayangan.

Cerita ini bermula dari seorang pira bernama Fransisco Ortega yang menderita penyakit Tuberkolosis. Ia datang ke seorang dukun dan disarankan untuk meminum darah anak kecil untuk menyembuhkannya.

Karena ingin cepat sembuh, Ortega menculik anak kecil, menyembunyikannya di dalam kantong dan meminum darahnya lewat irisan yang dibuat di bawah ketiaknya.

Lantas, kejadian tersebut terungkap. Ortega dan sang dukun dihukum mati. Setelah dieksekusi mati, arwahnya dipercayai masih bergentayangan dengan membawa kantong kain dan mencari anak kecil untuk diminum darahnya.

Selengkapnya mengenai Hantu Paling Seram di Dunia, lihat di channel YouTube Parboaboa.

Nah, itulah delapan hantu paling seram di dunia beserta kisah yang ada dibaliknya. Moral dari kisah-kisah mengerikan ini adalah jangan sampai kita terbujuk rayuan iblis sehingga melakukan hal yang dapat berubah menjadi penyesalan.

Tag : #hantu    #seram    #hiburan    #hantu paling seram    #mitos    #legenda   

Baca Juga