F1 GP Arab Saudi: Hamilton Tak Terbendung, Semakin dekat dengan gelar Juara

Penulis : Maraden | Olahraga | 06-12-2021

Pebalap Marcedes Lewis Hamilton memenangi F1 GP Arab Saudi dan menjadi pemuncak klasemen Formula 1 2021.

PARBOABOA – Persaingan untuk gelar juara F1 2021 semakin seru menyusul balapan GP Arab Saudi di Sirkuit Corniche Jeddah yang dimenangkan oleh Lewis Hamilton pada, Senin (6/12/2021).

Sirkuit Jeddah Corniche menjadi saksi sejumlah drama pada gelaran perdana Grand Prix Arab Saudi. F1 GP Arab Saudi memang berlangsung dramatis dengan persaingan sengit antara Hamilton dan saingan terdekatnya Verstappen.

Balapan awalnya terlihat akan didominasi oleh para pebalap Mercedes. Hamilton menjalani start dengan baik dari pole position sementara rekan setimnya, Valtteri Bottas, sukses menahan Verstappen yang start dari grid ketiga.

Saat lampu sinyal start dimatikan, Lewis Hamilton langsung melesat. Dari grid start kedua, rekan setimnya Valtteri Bottas juga berhasil menutup ruang bagi Max Verstappen yang mencoba mengambil dari sisi luar saat masuk Tikungan 1.

Hamilton juga harus menghadapi drama dalam upaya merebut kemenangan kedelapannya musim ini atau yang ke-103 sepanjang kariernya.

Sedikit insiden sempat terjadi pada lap ke-10 di Tikungan 23,  plot twist terjadi ketika Mick Schumacher (Haas) menabrak dinding pembatas.

Setelah bertarung ketat selama sekira 2,5 jam, Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1) akhirnya berhasil menyelesaikan balapan dengan finis paling depan.

Hamilton mampu mengalahkan rival terberatnya dalam perburuan gelar, Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) dalam lomba yang diwarnai dua red flag tersebut. Dia mengungguli rival terbesarnya itu yang dua kali mendapat penalti.

Hamilton juga memangkas habis sembilan poin ketertinggalan dari Verstappen saat kompetisi menyisakan satu seri lagi, ditambah satu poin ekstra dari catatan lap tercepat.

Posisi ketiga ditempati rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, yang berhasil menyalip Esteban Ocon (Alpine F1) pada lap terakhir (50).

Hamilton yang juara dunia tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, 2020) asal Inggris itu hanya belum pernah memenangi balapan di Magny Cours (Prancis), New Delhi (India), Valencia (Spanyol), Yeongam (Korsel), dan Zandvoort (Belanda).

“Balapan yang sangat sulit tetapi kami mampu mengatasinya sebagai satu tim. Saya (sejak 2007) sudah lama turun di F1.Tetapi, balapan ini sungguh berat. Saya mencoba mengeluarkan semua kemampuan saya lewat semua pengalaman balapan bertahun-tahun”, ucap Hamilton seusai lomba.

Hasil F1 GP Arab Saudi:

1). L. Hamilton / Mercedes (Poin: 26)

2). M. Verstappen/Red Bull (Poin: 18)

3). V. Bottas / Mercedes (Poin :15)      

4). E. Ocon / Alpine (Poin : 12)  

5). D. Ricciardo McLaren (Poin : 10)    

6). P. GaslyAlphaTauri (Poin : 8).          

7). C. Leclerc / Ferrari (Poin: 6)

8). C. Sainz Jr / Ferrari (Poin : 4)

9). A. Giovinazzi / Alda Rome (Poin : 2)          

10). L. Norris / McLaren (Poin : 1).       

Editor : -

Tag : #Lewis Hamilton    #Formula1    #Grand Prix Arab Saudi    #Verstappen    #Valtteri Bottas   

Baca Juga