10 Gua Laut Terindah di Dunia dengan Pemandangan Spektakuler yang Dimilikinya

Penulis : Wulan | Hiburan | 28-11-2022

Marble Caves, Chile (instagram.com/serejkin)

PARBOABOA - Alam menyediakan banyak hal-hal indah yang bisa kita kagumi pemandangannya baik di udara, daratan, bahkan di bawah tanah sekalipun. Dengan begitu kita sebagai manusia boleh memanfaatkannya namun tetap harus bijak agar alam tidak rusak oleh tangan nakal manusia sendiri.

Salah satu keindahan alam bawah tanah yaitu gua terindah yang ada di dunia. Keunikan, keindahan, dan keelokan alam yang ada di muka bumi ini tidak dapat dielakkan lagi keberadaannya. Pantai, lautan, sungai, danau, pegunungan sampai gua-gua adalah hasil alam secara alami. Kamu mungkin salah satu orang yang memiliki hobi untuk melancong menyaksikan keindahan alam.

Jika kamu seorang pelancong dan gemar memburu keelokan alam di dunia ini, maka wajib berkunjung ke sepuluh gua yang ada di dunia ini. Yuk simak ulasan tentang sepuluh gua terindah dan tercantik di dunia yang akan kita bahas kali ini.

10 Gua Terindah di Dunia

1. Jeita Grotto (Lebanon)

Jeita Grotto adalah gua terpanjang sekaligus gua terindah di dunia yang berada di Timur Tengah. Gua ini dilansir terletak di sekita 18km utara Beirut. Jeitta Grotto yang terletak di Lebanon ini terdiri dari dua bagian yang terpisah namun saling terhubung dengan gua-gua kapur dengan panjang sekitar 9km.

Gua Jeita Grotto ini sangat indah dan termasuk dalam aglomerasi yang paling indah dan menakjubkan. Gua ini terdiri dari stalaktit dan stalagmite. Jeita Grotto juga disebut-sebut sebagai kebanggaan Lebanon. Selain itu Gua Jeita Grotto juga adalah finalis dalam kompetisi 7 new Wonders of Nature. Bagaimana, indah bukan?

2. Gua Fingal (Skotlandia)

Keindahan Gua Fingal di salah satu pulau tak berpenghuni di Skotlandia ini mencuri pusat perhatian wisatawan dari berbagai negara. Gua yang berada di Pulau Staffa ini merupakan gua laut yang terkenal dengan dindingnya yang berbentuk heksagonal. Dinding di gua ini terbentuk secara alami karena letusan vulkanik.

Dari luar Gua Fingal ini nampak seperti istana Romawi dengan pilar-pilar yang besar. Ketika masuk ke dalam gua Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan dinding guanya yang sangat unik. Yang membuat gua ini berbeda dengan istana romawi adalah lantainya. Jika istana romawi lantainya terbuat dari keramik atau marmer, lantai di dalam Gua Fingal adalah air laut yang bergelombang.

3. Gua Kristal (Mexico)

Gua Kristal atau yang dinamakan dengan The Cave of The Crystals ini terletak di Chihuahua, Mexico. Gua ini dikelilingi oleh Kristal-kristal yang membuatnya sangat terindah. Jika memasuki gua ini, kamu akan disuguhkan pemandangan Kristal alam terbesar yang ada di bumi ini.

Kristal yang ada pada gua ini terdiri dari selenite. Kristal yang ada dalam gua ini juga terbentuk karena posisi gua terdapat di atas kolam magma, serta air dengan mineral. Karena adanya magma maka gua memiliki panas yang tidak dapat tertahankan setelah beberapa periode.

Karena hal itulah kita bisa akui bahwa kekayaan alam yang satu ini tidak dapat diragukan lagi keindahannya dan menampilkan formasi mineral alami yang menakjubkan bukan?

4. Gua Waitomo (Selandia Baru)

Berasal dari kata Maori yang diartikan sebagai “air melewati lubang”, gua terindah ini memiliki lubang-lubang kecil di atasnya yang dilewati oleh air. Gua ini dikelilingi oleh batu kapur alami yang mencapai usia lebih dari dua juta tahun.

Selain batu kapur alami, gua ini memiliki keindahan alam seperti stalakmit dan bentukan stalaktit. Gua Waitomo ini terkenal dengan kelimpahan glow-worm yang dikenal sebagai serangga yang unik yang ada di Selandia Baru.

Ribuan serangga unik ini menghuni Gua Waitomo sehingga jika Anda mengunjungi gua ini akan disuguhkan kecantikan gua dan juga kamu dapat melihat serangga unik Selandia Baru.

7. Gua Eisriesenwelt (Austria)

Gua Eisriesenwelt atau yang dikenal dengan “World of Ice Giants” adalah gua yang terbentuk dari kapur yang luas serta gua es yang terletak dii Hochkogel di pegunungan Alpen Austria. Jarak antara Eisriesenwelt sprawls lebih dari 42 kilometer melalui Tenneggebirge Alpen.

Gua ini hanya dilapisi es sekitar setengah mil. Gua ini diukir oleh sungai Salzach dan es yang terbentuk dari pencarian salju yang mengering dan membeku sehingga menjadi patung es alami. Gua ini juga termasuk memiliki stalakmit raksasa di Posselt Hall, Great Ice Embankment, stalaktit, Hymir Castle yang merupakan tempat es sangat menakjubkan terletak 400 meter di bawah tanah.

8. Gua Reed Flute (China)

Kali ini gua terindah di dunia datang dari China, Reed Flute Cave. Gua ini merupakan gua batu kapur alam di daerah Guangxi, China. Gua ini menjadi gua terindah karena terdapat air yang alami, dan dikelilingi oleh stalakmit juga stalaktit yang menakjubkan sehingga membentu formasi yang sangat indah.

Selain itu di dalam gua ini juga terdapat prasasti yang sudah ada sejak abad ke-8. Batuan-batuan dan juga beberapa variasi warna yang ada dalam gua menjadikannya gua ini dianggap sebagai “The Palace of Arts Nature” atau diartikan sebagai “Tempat Karya Seni Dari Alam”.

9. Gua Krubera (Georgia)

Gua Krubera adalah gua terdalam di dunia karena memiliki kedalaman lebih dari 2.000 meter. Gua ini sempat dijuluki sebagai Voronja Cave, Voronja dalam bahasa Rusia artinya adalah gagak. Di tahun 1980, kawanan burung gagak bersarang di pintu masuk Gua Krubera.

Banyak wisatawan yang tertantang untuk masuk ke dalam gua ini dengan menuruni tali. Pemandangan dari dalam gua terdalam ini sangat mempesona. Sinar matahari yang masuk ke dalam gua justru akan semakin memancarkan keindahan pahatan alami di dinding gua.

10. Gua Hantu (Venezuela)

Bernama asli Cave of the Ghost, gua yang juga dikenal dengan nama "La Cueva del Fantasma" adalah gua yang menarik di Venezuela Selatan. Posisi gua ini berada di lokasi yang paling kaya secara biologis dan kuno secara geologis.

Jika gua lain hanya bisa dilalui oleh manusia, Gua Hantu ini bisa dimasuki oleh dua buah helikopter sekaligus. Pintu gua yang sangat besar akan menampilkan pemandangan yang sangat indah jika dilihat dari dalam. Para ahli percaya bahwa Gua Hantu sebenarnya bukan gua, melainkan jurang curam yang runtuh.

Panjang gua pindul sekitar 350 meter dan memiliki lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter. Untuk menelusuri gua pindul membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

Nah, itu tadi 10 gua menarik dan mempesona yang bisa kamu kunjungi dan masukkan ke datar list liburan tahun barumu nanti. Tertarik mengunjunginya yang mana nih?

Editor : -

Tag : #terindah    #gua laut    #hiburan    #jeita grotto    #gua fingal    #gua kristal    #gua waitomo    #gua eistiensenewlt   

Baca Juga