Gempa Susulan Berkekuatan Magnitudo 3,4 Kembali Guncang Taput di Kedalaman 1 km

Penulis : Faulan | Daerah | 13-10-2022

Koordinat Gempa Susulan di Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Foto: Twitter/@infoBMKG)

PARBOABOA, Tapanuli Utara - Gempa susulan kembali mengguncang wilayah timur laut Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Rabu (12/10/2022) sore.

Hendro Nugroho selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengatakan bahwa gempa susulan tersebut terjadi pada rabu (12/10) pukul 16.55 WIB dengan kekuatan Magnitudo 3,4 dengan pusat getaran di darat pada kedalaman 1 km.

“Kejadian pada hari Rabu (12/10/2022) pukul 16:55:55 WIB, daerah Tapanuli Utara diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 3,4”, ujar Hendro (12/10).

“Episenter terletak pada koordinat 2.07 derajat Lintang Utara dan 98.97 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer Timur Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 1 kilometer”, tambahnya.

Menurut BMKG, getaran gempa susulan tersebut dirasakan di wilayah Tarutung, Parmonangan, dan juga Silangit. Sampai saat ini, belum ada diketahui dampak pasti akibat gempa tersebut.

Berdasarkan data BMKG, dalam dua pekan terakhir Tapanuli Utara sudah diguncang gempa susulan beberapa kali dengan kekuatan Magnitudo yang bervariasi.

Hendro juga mengungkapkan bahwa masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Editor : -

Tag : #Gempa Bumi    #Tapanuli Utara    #Daerah    #Gempa Susulan    #BMKG   

Baca Juga