Koordinat Gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Foto: Twitter/@infoBMKG)

Gempa Magnitudo 4,5 Kembali Guncang Taput, Toba dan Sibolga

Olivia | Daerah | 06-10-2022

PARBOABOA, Tapanuli Utara – Informasi terbaru seputar gempa susulan yang terjadi di Tapanuli Utara, Sumatera Utara dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter resminya pada Kamis, (06/10) sore.

Dikabarkan pusat gempa yang bermagnitudo 4,5 itu berlokasi di titik koordinat 2,09 Lintang Utara (LU) dan 98,92 Bujur Timur (BT) atau berada di darat 9 Km Barat Laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 2 Km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter serta kedalaman hiposenter, maka gempa bumi yang terjadi ini disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

"Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara Magnitudo  5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.28.41 WIB," jelas Hendro Nugroho.

Getaran yang dihasilkan gempa, dirasakan dibeberapa daerah Tapanuli Utara, seperti Tarutung, Silangit, Sipahutar, Humbang Hasundutan, Toba, hingga Sibolga.

Namun hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa yang diakibatkan gempa tersebut.

“#Gempa Mag:4.5, 06-Okt-22 15:30:59 WIB, Lok:2.09 LU, 98.92 BT (Pusat gempa berada di darat 9 Km Baratlaut Tapanuli Utara), Kedlmn:2 Km Dirasakan (MMI) IV Tarutung, III Sibolga, III Silangit, III Sipahutar, II Humbang Hasundutan, II Toba #BMKG,” tulis BMKG di Twitternya.

Tag : #Gempa Bumi    #Bencana Alam    #Daerah    #Tapanuli Utara    #BMKG    #Sumatera Utara   

Baca Juga