Pengukur Gempa Bumi (foto: Antara/Fahrul Jayadiputra)

Gempa Kekuatan Magnitudo 4,8 Guncang Mentawai Sampai Padang

Pedro | Nasional | 16-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Kamis 15 September 2022, pukul 22.24 WIB. Mentawai sampai Padang, Sumatera Barat, diguncang gempa dengan kekuatan Magnitudo 4,8. Gempa paling kuat tercatat pada skala III-MMI di Sipora, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa getaran bisa dirasakan banyak orang di dalam rumah sekalipun gempa itu terjadi siang hari. 

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyampaikan bahwa gempa yang terjadi berpusat di laut, lebih tepatnya lagi dua kilometer arah barat laut Sipora Utara. 

Kendati demikian, gempa yang tercatat berada di kedalaman 29 Kilometer tersebut, kata Daryono, tidak memperlihatkan adanya indikasi tsunami. 

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (16/09/2022).

Selain di Sipora, BMKG menyampaikan bahwa gempa yang sama juga dirasakan di Padang, tetapi dengan sekala yang lebih kecil. 

Terakhir Daryono mengajak warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, beliau juga mengatakan dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 22.50, belum ada indikasi adanya aktivitas gempa susulan. 

Tag : #Gempa    #Mentawai    #Bencana alam    #Padang    #tsunami    #BMKG   

Baca Juga