Gempa melanda wilayah sichuan, China pada hari ini Senin, 5 September 2022 (Foto: Parboaboa/Felix)

Gempa Bumi Melanda Sichuan China, 7 Orang Tewas

Dimas | Internasional | 05-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Gempa bumi berkekuatan 6,8 SR mengguncang wilayah Sichuan Barat, China pada Senin(5/9) siang. Gempa tersebut juga bisa dirasakan disejumlah wilayah lain di China, seperti Provinsi Yunna, Shanxi dan Guinzho

Melansir dari Reuters, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) meenyebutkan bahwa gempa tersebut berada pada kedalaman 40 Km. Sedangkan Pusat Penelitian Geosains German mengatakan gempa tersebut berada pada kedalaman yang dangkal, yakni 10 Km.

Akibat dari gempa itu, setidaknya tujuh orang tewas, sejumlah rumah dan juga jalanan di wilayah yang memiliki 39 ribu penduduk tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah. Selain itu, Media pemerintah China juga melaporkan bahwa gempa juga merusak jalan dan rumah di dekat episentrum gempa.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan di bendungan dan pembangkit listrik tenaga air yang berjarak 50 Km dari pusat gempa.

Menurut salah satu warga di wilayah Chengdu, yakni Samantha Yang menyebutkan bahwa saat gempa terjadi, dirinya merasakan guncangan kuat saat sedang tidur siang. Ia menyebutkan, gempa kali ini terasa lebih kuat dibanding gempa-gempa yang pernah terjadi sebelumnya.

"Gedung berguncang, setiap waktu setiap kali lebih parah dari sebelumnya. Sungguh, ini adalah yang paling menakutkan sejak gempa Wenchuan 2008," kata Yang dikutip dari CNN Indonesia.

Untuk diketahui, bencana serupa juga pernah terjadi di Sichuan, China pada Mei 2008 lalu. Saat itu, gempa berkekuatan 8,0 SR mengguncang wilayah tersebut dan menyebabkan 70 orang tewas serta kerusakan yang sangat parah

Tag : #china    #gempa bumi    #internasional    #sichuan    #pusat gempa   

Baca Juga