Ilustrasi gempa yang terjadi di Kota Bogor, Rabu (23/11/2022). (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)

Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,1 Guncang Kota Bogor

Maesa | Metropolitan | 23-11-2022

PARBOABOA, Jakarta – Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,1 mengguncang Kota Bogor, Jawa Barat, hari ini, Rabu (23/11/2022) pukul 17.54 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan dalam keterangan tertulisnya, pusat gempa berada di darat, 15 kilometer barat daya Kota Bogor, yang berada di kedalaman 18 kilometer. Gempa ini juga dirasakan dalam skala MMI II di wilayah Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

"Pusat gempa berada di darat 15 km Barat Daya Kota Bogor," tulis BMKG melalui akun Twitternya.

Adapun episenter gempa bumi ini terletak pada titik koordinat gempa yang berada di 6,69 lintang selatan dan 106,70 bujur timur.

"Dirasakan (MMI) II Sukabumi, II Kab. Bogor," tambah BMKG.

Menurut BMKG, saat melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi dangkal ini akibat dari aktivitas Sesar Citarik.

Dilaporkan oleh masyarakat dari BMKG, gempa bumi di wilayah Sukabumi dan Kabupaten Bogor dirasakan oleh beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai berita ini dibuat, belum ada informasi lebih lanjut terkait kerusakan atau korban dari dampak gempa bumi tektonik yang terjadi hari.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tag : #gempa bumi tektonik    #kota bogor    #metropolitan    #bmkg    #magnitudo 3 1    #barat daya bogor    #sukabumi   

Baca Juga